Tim Televalidasi Diminta Jadi Agen Pemasaran PPDPP

PPDPP melalui Divisi Pemantauan dan Evaluasi unit kerja Direktur Operasi selenggarakan Rapat Koordinasi Pelaksanaaan Kegiatan Pemantauan Tahun 2020 di Hotel Santika Premiere Bintaro, pada tanggal 18 Agustus 2020. Hadir dalam kesempatan ini Direktur Utama PPDPP, Arief Sabaruddin bersama Direktur Operasi PPDPP, Martanto Boedi J serta 10 petugas televalidasi, 1 orang petugas verifikasi, dan 2 petugas administrasi serta sisanya bergabung via zoom. Sehingga total petugas pemantauan dan evaluasi menjadi 30 orang.

Arief Sabaruddin menyampaikan bahwa petugas televalidasi agar segera mempelajari aplikasi-aplikasi yang di kembangkan oleh PPDPP.  “Harapannya teman-teman pemantauan selain melakukan televalidasi bisa juga menjadi agent pemasaran aplikasi SiKasep ataupun SiKumbang. Semua tenaga pemantauan harus mampu mengenali aplikasi-aplikasi yang ada di PPDPP ke masyarakat. Dalam kondisi Covid-19 ini sangat terbatas untuk melakukan pertemuan fisik maka dari itu sarana teknologi ini mohon diterapkan,” ujarnya menjelaskan.

Dalam kesempatan yang sama Martanto Boedi J juga menyampaikan bahwa ketika petugas pemantauan melakukan televalidasi untuk menjaga nama baik PPDPP seperti mengucapkan salam bagi yang muslim, bagi non muslim jangan lupa mengucapkan Selamat Pagi atau Selamat Siang.  “Yang menjadi harapan kami adalah petugas televalidasi harus bisa sabar dalam menghadapi debitur yang pada saat kita menjelaskan tujuan kita ke debitur tersebut. Kami harap kepada petugas televalidasi bisa menghadapi hal-hal yang seperti itu dengan baik,” ujar Martanto menyarankan.

Pelaksanaan kegiatan pemantauan tahun 2020 berbeda dengan tahun sebelumnya, karena adanya Covid-19 ini tentu saja pertemuan fisik di batasi untuk menghindari penularan virus tersebut sehingga adanya perbedaan pelaksanaan kegiatan tahun 2020 dengan 2019.  Pemantauan dan evaluasi di tahun 2019 dilakukan dengan cara melakukan kunjungan ke lapangan, di tahun 2020 perbedaannya adalah dengan cara menelfon debitur-debitur tersebut atau bisa disebut televalidasi.

Sehubungan dengan hal tersebut, Aisah Dewi selaku PPK (Pejabat Pembuat Komitmen) menyampaikan kepada petugas pemantauan bahwa data dan informasi televalidasi ini harus valid, semoga petugas pemantauan lancar dan sukses dalam melakukan pekerjaan ini, data ini kedepa nya untuk menjadi bahan evaluasi PPDPP.