Tingkatkan Sistem Teknologi Informasi, PPDPP Selenggarakan Koordinasi Teknis Sistem Informasi

PPDPP melalui Direktorat Operasi, Divisi Teknologi Informasi, mengadakan Rapat Koordinasi Teknis Pembaharuan Teknologi Informasi PPDPP di Alana Sentul Bogor, yang belangsung dari tanggal 10-12 Februari 2021. Acara ini dihadiri oleh Direktur Operasi PPDPP, Martanto Boedi Joewono, yang didampingi  Kepala Divisi Teknologi Informasi (TI) PPDPP, Moch. Ihsan. Acara ini turut dihadiri Kepala Perwakilan dari Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE), Badan Siber dan Sandi Negara, Kepala Divisi di lingkup kerja PPDPP dan perwakilan staf dari masing-masing divisi di lingkup kerja PPDPP.

Adapun maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk melakukan koordinasi, reviu dan inventarisasi kebutuhan dalam pembaharuan Teknologi Informasi PPDPP yang tidak hanya berkoordinasi dengan internal PPDPP, melainkan juga berkoordinasi dengan pihak eksternal, yaitu BSrE dalam rangka reviu Sertifikat Digital pada Sistem Informasi PPDPP, dan PT SMF dalam rencana penerapan keamanan jalur transaksi penyaluran porsi dana FLPP 75:25. Dengan adanya koordinasi tersebut, maka rencana kerja pembaharuan teknologi informasi akan tersedia secara detail dengan ouput dan outcome yang jelas dan tepat guna.

Martanto, selaku Direktur Operasi menyampaikan bahwa acara ini merupakan sharing session dengan seluruh perwakilan dari masing-masing Divisi PPDPP maupun pihak eksternal yang terlibat langsung dalam pemanfaatan Sistem Teknologi PPDPP seperti Management Control (MaCo), Sistem e-FLPP Versi 2.0, Aplikasi Sikasep, dan Dashboard Sikumbang agar pembaharuan teknologi informasi pada tahun 2021 ini terencana dengan baik dan dapat diimplementasikan. Selain itu, sebagai upaya dari PPDPP dalam peningkatan kecepatan dan kualitas layanan kepada perbankan, dilakukan juga pembahasan penggunaan Digital Sign yang diterbitkan oleh BSrE sebagai bagian transaksi permohonan dana FLPP dari Bank Pelaksana dalam sistem e-FLPP 2.0

 

Lakukan Interkoneksi Sistem PPDPP dengan PT SMF

Rangkaian acara ini juga membahas interkoneksi sistem informasi PPDPP dengan PT.SMF, yang dihadiri oleh Heliantopo, Direktur PT. SMF. Moch.Ihsan, selaku Kepala Divisi TI menyampaikan dengan adanya porsi pembiayaan perumahan 75:25 yang sebagian besar menggunakan pembiayaan 25% dari PT.SMF maka perlu dilakukan reviu interkoneksi yang telah terjalin di tahun 2020 sebagai bagian dari pembaharuan terhadap keamanan jalur interkoneksi dan kebutuhan data balikan yang dibutuhkan oleh PPDPP.

Sebelum dilakukannya interkoneksi data antara PPDPP dengan PT SMF, perlu dibuatnya Sertifikat Elektronik yang akan dibantu dibuatkan oleh BSRe, dimana ini menjadi output dari pertemuan tersebut. Sertifikat Elektronik ini fungsinya adalah untuk menjembatani Data Center PPDPP dengan data center PT.SMF, setelah keluarnya Sertifikat Elektronik maka nantinya dapat dibuatkan Tanda Tangan Digital (Digital Sign). Dengan begitu, kedepannya PPDPP akan memfasilitasi pertukaran data melalui sistem Host to Host untuk Aplikasi SiKasep, Sikumbang, SiPetruk, Pencairan FLPP, dan SiAki-Qc. Diharapkan dengan terlaksananya acara ini, maka seluruh pembaharuan Sistem Teknologi Informasi yang akan dilakukan pada tahun ini, dapat diimplementasikan dan dirasakan manfaatnya oleh pihak internal maupun eksternal.