Bedah 1000 Rumah Nelayan di Pariaman oleh Kementerian PUPR

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) guna memperingati Hari Nusantara 2019, 13 Desember 2019. Pada peringatan kali ini, sebanyak 1.000 rumah di Pariaman, Sumatera Barat, akan mendapatkan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) untuk renovasi.

Gelaran peringatan Hari Nusantara sendiri akan dilakukan di Pariaman, Sumatera Barat, dengan puncak acara di Pantai Gandoriah pada hari Sabtu (14/12).

“Dalam rangka Hari Nusantara kita akan membantu di Pariaman itu 1.000 unit. Khusus nelayan, bantuannya untuk yang terkena abrasi,” kata Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid di Jakarta.

Skema bantuan yang diberikan berupa BSPS di mana pemerintah memberikan stimulan dana bantuan sebesar Rp17,5 juta untuk peningkatan kualitas hunian. Bantuan pembangunan hunian baru juga disediakan, berupa rumah khusus, yakni hunian tipe 36 yang dibangun di atas lahan yang telah disiapkan pemerintah daerah.

“Tapi kalau rumah khusus itu tidak jadi hak milik, cuma sewa saja kepada Pemda yang mengelola. Sementara rumah swadaya untuk bantu masyarakat langsung diberikan melalui stimulan renovasi,” jelasnya.

Hari Nusantara Nasional menjadi momentum peringatan atas Deklarasi Djuanda pada 13 Desember 1957 silam. Deklarasi itu membuat Indonesia merajut dan mempersatukan kembali wilayah dan lautannya yang luas, menyatu menjadi kesatuan yang utuh dan berdaulat.

Mengangkat tema “Nusantaraku Berdaulat, Indonesiaku Maju”, peringatan Hari Nusantara dimulai 7-8 Desember 2019 dengan Mancing Maniak di Perairan Padang dan Pariaman, dilanjutkan dengan Maraton 5K dan 10K di Pantai Kata Pariaman serta Nusantara Expo di Pantai Gandoriah.

Digelar juga Hiburan Rakyat Nusantara di Pantai Gandoriah, bakti sosial, Gala Dinner Nusantara hingga Gandang Tasa Kreasi di Pantai Gandoriah 14 Desember 2019 sebagai puncak Hari Nusantara.