Bimbingan Teknis terkait Pajak pada Pengelolaan Perbendaharaan di BLU PPDPP

Kegiatan Bimbingan Teknis terkait Pajak Penghasilan pada Pengelolaan Perbendaharaan di BLU dilaksanakan pada Hari Kamis 5 Maret 2020, bertempat di Ruang Rapat Merapi Lantai 2, Kantor BLU PPDPP. Kegiatan dimoderatori oleh Muhammad Nauval Al-Ammari selaku Kepala Divisi SDM. Kegiatan ini dihadiri oleh Narasumber dari KPP Pratama Jakarta kebayoran Baru Empat yaitu Joko Jatmiko selaku Account Representative Seksi Pengawasan dan Konsultasi IV, dan Ali Mustofa selaku Account Representative Seksi Pengawasan dan Konsultasi III, serta dihadiri oleh Unit Kerja Direktur Layanan, Unit Kerja Direktur Operasi, Divisi Akuntansi, Tim Santker BA 033 BLU PPDPP.

Tujuan Dilaksanakannya Bimbingan Teknis terkait Pajak pada Pengelolaan Perbendaharaan di BLU tersebut untuk meningkatkan pemahaman terkait pajak terkhusus bagi Pegawai yang tugas-tugasnya berkaitan dengan perhitungan pajak di Tim Satuan Kerja BA 033 dan Divisi Akuntansi.

Dalam pembahasannya Narasumber menyampaikan materi terkait Pajak-pajak yang berhubungan dengan Organisasi/Perusahaan/Lembaga berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 231/PMK.03/2019 tentang Tata cara pendaftaran dan penghapusan nomor pokok wajib pajak, pengukuhan dan pencabutan pengukuhan pengusaha kena pajak, serta pemotongan dan/atau pemungutan, penyetoran, dan pelaporan pajak bagi Instansi Pemerintah. Daftar yang termasuk dalam wajib pajak penghasilan tercantum dalam kewajiban PPh Pasal 4 ayat 2, disampaikan sebagai berikut: Persewaan tanah dan/atau bangungan, Pengalihan hak atas tanah dan/bangunan, Usaha jasa kontruksi, Hadiah undian, Pembelian barang/jasa dari wajib pajak yang memiliki dan menyerahkan fotokopi surat keterangan berdasarkan PP Nomor 23 Tahun 2018.

Narasumber menjelaskan pula tentang layanan DJP Online yang dapat diakses melalui alamat website: djponline.pajak.go.id yang merupakan aplikasi untuk membantu Setiap warga negara yang sudah memiliki  NPWP untuk menunaikan kewajiban-kewajiban pajaknya. Dalam pengisian SPT tahunan bisa dilakukan secara online melalui e-filling. Selain itu, tersedia fitur e-Billing untuk melakukan pembayaran pajak secara online, e-form yang merupakan formulir elektronik yang digunakan untuk lapor SPT secara semi-online, dan e-tracking untuk mengecek surat pernyataan amnesti yang kita ajukan apakah SK nya sudah ditandatangani oleh kanwil dan nomor SKNya

Diharapkan dengan kegiatan bimbingan teknis ini dapat meningkatkan pemahaman khususnya bagi Petugas atau Pegawai yang tugasnya terkait dengan urusan pajak, sehingga semua kewajiban perpajakan di BLU PPDPP dapat tertunaikan dengan baik dan penyusunan laporan keuangan BLU PPDPP yang terkait dengan perpajakan dapat tersusun dengan baik.