Bimtek Penyusunan Rencana Anggaran pada Pegawai PPDPP

Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan melalui Divisi Sumber Daya Manusia adakan Bimbingan Teknis Kerangka Acuan Kerja (KAK)/Term Of Reference (TOR) dan Rencana Anggaran Biaya (RAB) Pada Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan selama 2 hari, yang dimulai dari 27 Juli sampai dengan 28 Juli 2020. Bertempat di Hotel Lorin Sentul, kegiatan ini diselenggarakan dengan menerapkan protokol kesehatan bagi para pesertanya yang terdiri dari perwakilan masing-masing Divisi pada Unit Kerja di PPDPP.

Hadir membuka sambutan, Direktur Umum dan Hukum, Atik Niene Nierani Iskandar dalam acara tersebut.  Atik Niene menyampaikan bahwa kinerja Pengelolaan Anggaran Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan Kementerian PUPR dievaluasi oleh beberapa instansi yang berwenang, seperti BPK dan Ditjen Perbendaharaan, Kementerian Keuangan.

Pada tahun 2019, BPK memberikan penilaian terhadap Laporan Keuangan Kementerian PUPR TA 2019 dengan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), hal ini membuktikan bahwa Pengelolaan Keuangan Negara oleh Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan, Kementerian PUPR telah sesuai dengan dengan standar akuntansi pemerintahan, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, dan efektivitas sistem pengendalian internal.

“Untuk mempertahankan dan mencapai Kinerja Pengelolaan Anggaran yang baik, diawali dengan Proses Penyusunan Perencanaan Penganggaran yang optimal” Ujar Atik Niene.

Atik Niene melanjutkan bahwa bimbingan teknis ini diharapkan dapat memastikan penerapan kaidah kaidah penganggaran yang baik, penerapan kesesuaian jenis belanja, penerapan bagan akun standar yang tepat, sumber pendanaan serta standar biaya untuk mencapai target-target output prioritas BLU PPDPP Kementerian PUPR. Sehingga dengan perencanaan yang baik tersebut dapat meningkatkan outcome yang maksimal dan mengurangi frekuensi revisi penganggaran.

Kegiatan Bimbingan Teknis ini dipandu oleh narasumber berkompeten di ranah Kementerian Pekerjaan umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), seperti Sasmito Wihantoro, Auditor Pratama/Inspektorat V, Inspektorat Jenderal Kementerian PUPR; dan Erwin, Pelaksana Anggaran dari Direktorat Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan PUPR

Hadir juga memberikan pandangan dalam sharing internal, Kepala Divisi Perencana Anggaran, Kurniawan Kristianto, bahwa dalam menyusun term of refference harus ditulis dengan jelas sesuai kebutuhan dan berfokus pada substansi.

Ismail, selaku kepala Satuan Pemeriksaan Intern (SPI) PPDPP dalam sharing internal juga mengingatkan bahwa fungsi dari pimpinan adalah memeriksa dan meninjau bahwa pelaksanaan program kegiatan adalah sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku dengan mengacu pada kerangka acuan kerja yang disusun.

Mendampingi Direktur Umum dan Hukum, Kepala Divisi Rumah Tangga dan Aset PPDPP, Aisyah Dewi menyampaikan bahwa PPDPP memastikan setiap pelaksanaan kegiatan yang melibatkan peserta lebih dari 10 orang telah menerapkan protokol kesehatan penanggulangan COVID-19, seperti kondisi ruangan dua kali lipat dari jumlah peserta.