BLU Dapat Lakukan Pengadaan Barang dan Jasa Sendiri

Tangerang Selatan, 30 November 2018 – sebagai Lembaga Badan Layanan Umum (BLU) yang bertanggungjawab kepada Pemerintah melalui Menteri Keuangan dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), PPDPP tentu saja harus secara cermat mengelola uang negara sesuai ketentuan negara yang berlaku.

Untuk menjaga kualitas pengelolaan pengadaan barang dan jasa, Satuan Pemeriksa Internal (SPI) PPDPP mengadakan kegiatan Peningkatan Kapasitas Pegawai PPDPP terkait Kegiatan Pengawasan. Kegiatan yang diselenggarakan di Hotel Grand Zuri, BSD, Tangerang Selatan pada tanggal 29 November s.d 1 Desember 2018. Kegiatan ini dihadiri oleh setiap Kepala Divisi/Plt. Kadiv bersama staf dari setiap unit kerja di lingkungan PPDPP.

Dalam sambutan pembukaannya Direktur Utama PPDPP, Budi Hartono menyampaikan bahwa kesempatan ini perlu dimanfaatkan sebaik mungkin oleh peserta. “Dengan mengikuti kegiatan ini, diharapkan peserta dapat memahami dan mengerti untuk melaksanakan pengadaan yang baik dan benar,” pungkasnya.

Tampil sebagai narasumber, Seno Haryo Wibowo, selaku Kepala Seksi Perencana dan Pengawas Konstruksi menyampaikan materi pertamanya terkait Overview Pengadaan Barang & Jasa. Selain itu, dalam rangkaian kegiatan tersebut SPI PPDPP juga turut menghadirkan narasumber lainnya, Tri Warso Muda, Inspektorat V Itjen Kementerian PUPR; Sasmito Wihantoro, Auditor Pertama Inspektorat V Itjen Kementerian PUPR; dan Tri Prijana, Inspektur V Itjen Kementerian PUPR.

Seno Haryo dalam paparannya menekankan bahwa berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 PPDPP dapat mengelola pengadaan Barang dan Jasa sendiri agar lebih efisien. “Dalam Peraturan Presiden tersebut terdapat pengaturan baru yang menyebutkan bahwa BLU dapat melakukan Pengadaan Barang/Jasa sendiri” ujar Seno Haryo