BLU PPDPP Bahas Hasil Profiling Pegawai dalam konteks Manajemen SDM berbasis Kompetensi

Rapat Pembahasan Hasil Profiling Pegawai BLU PPDPP Tahun 2019 dilaksanakan pada Hari Selasa 17 Desember 2019, bertempat di Ruang Rapat Bromo Lantai 2, Kantor BLU LPDPP. Rapat ini diawali dengan penyampaian pokok-pokok pembahasan yang di sampaikan oleh Muhammad Nauval Al-Ammari selaku Kepala Divisi SDM. Rapat Dipimpin oleh Prof.Dr.Ir.Arief Sabaruddin,C.E.S selaku Direktur Utama BLU PPDPP. Rapat Tersebut dihadiri oleh Asesor Profesional Independen FirstAsia Consultants, Direktur Operasi, Direktur Layanan, Para Kepala Divisi, dan Plt. Kepala Divisi.

Rapat ini dilaksanakan dalam rangka membahas tindak lanjut dari asesmen/profiling yang telah diikuti oleh seluruh Pegawai, yang meliputi Kepala SPI, Kepala Divisi, Pegawai tetap dan Pegawai dengan PKWT. Asesor FirstAsia Consultant menjelaskan bahwa Asesmen/Profiling menggunakan metode Big 5 yang lisensinya dari Amerika. Kompetensi yang diukur pada setiap Pegawai adalah yang telah disepakati oleh Para Direktur BLU PPDPP yang disesuaikan dengan kebutuhan BLU PPDPP. Kompetensi yang diukur terdiri dari 10 Kompetensi yaitu meliputi: Orientasi Pelayanan, Integritas, Komitmen, Disiplin, Kerjasama, kepemimpinan, Mengembangkan Orang Lain, Orientasi Pada Kualitas, Inovasi, dan Perekat Bangsa. Tes Asesmen/Profiling pada Kepala Divisi berbeda dengan tes Asesmen/Profiling untuk pegawai baik tetap maupun Pegawai dengan PKWT. Untuk Tes asesmen/profiling pada Kepala Divisi ditambah kompetensinya yaitu pada aspek Kepemimpinannya dan Mengembangkan Orang lain.

Hasil Asesmen/Profiling di buat menjadi 4 Kategori meliputi: Dapat Disarankan(100% kecocokan dengan kompetensi yang diukur), Cukup Disarankan (60-99% kecocokan dengan kompetensi yang diukur), Kurang Disarankan (40-59% kecocokan dengan kompetensi yang diukur), dan Tidak Disarankan ( <40% kecocokan dengan kompetensi yang diukur).