BLU PPDPP Create Pegawai Profesional melalui Manajemen Karir

Rapat pembahasan manajemen karir di BLU PPDPP dilaksanakan pada Hari Rabu 12 Februari 2020, bertempat di Ruang Rapat Merapi Lantai 2, Kantor BLU PPDPP. Rapat dipimpin oleh Muhammad Nauval Al-Ammari selaku Kepala Divisi SDM. Rapat ini mengundang Narasumber yaitu Praktisi Ahli di bidang Manajemen SDM yaitu Priagung Rahsilaputera serta dihadiri oleh perwakilan Pegawai dari Unit Kerja Direktur Layanan, Unit Kerja Direktur Keuangan, Unit Kerja Direktur Operasi, dan Divisi-Divisi di Unit Kerja Direktur Umum dan Hukum BLU PPDPP.

Pokok-pokok pembahasan yaitu terkait diskusi konsep dan praktik manajemen karir di BLU PPDPP. Priagung Rahsilaputera menjelaskan bahwa karir dapat ditinjau dari perspektif organisasi dengan tujuan untuk menciptakan Pekerja yang Kompeten untuk memenuhi kebutuhan dan tujuan organisasi, dan dari perspektif individu mempunyai tujuan yaitu untuk mencapai tujuan karir yang diinginkan oleh tiap-tiap Pegawai. Kedua tujuan tersebut akan terpenuhi jika organisasi dapat mengimplementasikan manajemen karir dengan baik.

Proses manajemen karir di BLU PPDPP menurut Priagung Rahsilaputera dapat dikembangkan dengan tahapan sebagai berikut; tinjau kembali struktur organisasi, selanjutnya putuskan jumlah level/tingkatan karyawan, bagi dalam job family, identifikasi kompetensi dari setiap jabatan dalam job family, lakukan uji kompetensi pada karyawan, deteksi GAP kompetensi, tinjau kembali rentang struktur penggajian pada setiap level dalam job family, identifikasi jalur karir atau rotasi jabatan yang memungkinkan dari setiap jabatan, membuat beberapa pola jalur karir, laksanakan talent/performance/career matrix, siapkan individual development plan (IDP) dan monitor implementasi IDP. Pola Pengembangan karir dapat dilakukan dengan cara; Lateral Movement, Job Enrichment, Vertical Movement, Exploration, Realignment & Downshifting, Relocation.

Diharapkan dengan implementasi manajemen karir yang baik, maka PPDPP dapat melakukan pengembangan Pegawai secara tepat sehingga bisa lebih efektif dan efisien dalam meningkatkan kapasitas dan kompetensi Pegawai menjadi tenaga profesional yang dapat berkinerja optimal dalam mencapai target kinerja dan tujuan BLU PPDPP.