Covid 19 dan Restrukturisasi

Belakangan kita sering mendengar restrukturisasi akibat covid 19 yang dilakukan oleh pemerintah. Sebenarnya apa sih restrukturisasi itu? Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) mencoba untuk menjelaskan sesuai dengan sumber yang dikeluarkan Otoritas Jasa Keuangan.

Presiden RI dalam keterangan pers hari Selasa 24 Maret 2020 menyampaikan bahwa OJK memberikan kelonggaran/relaksasi kredit usaha mikro dan usaha kecil untuk nilai dibawah Rp10 Milyar baik kredit/pembiayaan yang diberikan oleh bank maupun industri keuangan non-bank kepada debitur perbankan akan diberikan penundaan sampai dengan 1 (satu) tahun dan penurunan bunga. Hal tersebut tertuang dalam ketentuan yang mengatur secara umum pelaksanaan restrukturisasi kredit/pembiayaan sebagai akibat dampak dari persebaran virus COVID-19.

Sebenarnya apa sih Restrukturisasi?

Restrukturisasi merupakan keringan pembayaran cicilan bank/pinjaman.

Apa hutang bisa dihapus dengan adanya restrukturisasi?

tentu saja tidak. Restrukturisasi bukan penghapusan hutang tapi memberikan keringan dalam pembayaran hutang, jadi hutang kita masih tetap ada.

Apakah tetap harus membayar cicilan hutang?

Cicilan pinjaman tetap harus dibayar namun diberikan keringan sesuai dengan penilaian dan kesepakatan bersama antara kita dengan bank peminjam atau leasing.

Seperti apa bentuk keringan yang diberikan?

Bentuk keringan yang diberikan adalah penurunan suku bunga, perpanjangan jangka waktu pinjaman, pengurangan tunggakan pokok, pengurangan tunggakan bunga, penambahan fasilitas kredit, serta konversi kredit.

seperti apa contohnya?

Misalnya pegnemudi ojol, ddengan kondisi Covid 19 kesulitan dalam mendapatkan penghasilan, maka leasing memberikan keringan dengan penundaan pembayaran pokok/bunga sesuai dengan kesepakatan bersama. bisa 3, 6 atau 12 bulan.

Bagaimana cara mengajukan keringan?

Bisa menghubungi bank/leasing tidak perlu mendatangi cukup lewat telepon atau fasilitas online lainnya.

Siapa saja yang bisa mendapatkan keringan ini?

UMKM, pekerja harian, nelayan, ojek online dan usaha kecil lainnya. Jangan manfaatkan kondisi ini jika Anda tidak membutuhkannya.

Apa manfaat keringan ini?

untuk membantu masyarakat yang kesusahan.