Evaluasi Kepatuhan SDM BLU PPDPP tingkat Awereness LKP meningkat menjadi 92%

Rapat pembahasan evaluasi pelaksanaan penyusunan Lembar Kerja Pegawai (LKP) di lingkungan BLU PPDPP dilaksanakan pada Hari Rabu, 19 Februari 2020 bertempat di Ruang Rapat Merapi Lantai 2, Kantor BLU PPDPP. Rapat dipimpin oleh Muhammad Nauval Al-Ammari selaku Kepala Divisi SDM. Rapat dihadiri oleh perwakilan dari Pusat Penilaian Kompetensi dan Pemantauan Kinerja Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat serta dihadiri oleh Para Kepala Divisi dan Pegawai di lingkungan BLU PPDPP.

Penyusunan LKP di lingkungan BLU PPDPP mengacu pada Surat Edaran Direktur Utama PPDPP Nomor 11/SE/Sg/2019 tentang Manajemen Kinerja Pegawai di lingkungkan BLU PPDPP. Dalam surat edaran tersebut, telah disampaikan kepada setiap Pegawai agar membuat Lembar Kerja Pegawai sebagaimana format yang berlaku di BLU PPDPP, yang ditandatangani oleh masing-masing Atasan Langsung mengacu pada bukti pendukung hasil kerja masing-masing Pegawai dan salinannya disampaikan kepada Divisi SDM Unit Kerja Direktur Umum dan Hukum. Dalam format LKP tersebut, setiap Pegawai perlu mengisi Uraian Tugas/Output, Beban/Durasi Kerja, Jumlah Uraian Tugas/Pekerjaan, Jumlah Hasil Kerja/Output, dan Jumlah Perhitungan Beban/Durasi Kerja, dan setiap Atasan Langsung perlu mengisi catatan terkait kinerja, sikap kerja, dan penilaiannya terhadap Pegawai.

Dalam evaluasi tersebut dibahas data perbandingan pengumpulan berkas LKP antara Tahun 2018 dengan Tahun 2019. Pada Tahun 2018 total berkas LKP yang terkumpul adalah 188 berkas sedangkan Tahun 2019 berkas LKP yang terkumpul adalah 843 berkas yang artinya Persentase berkas yang dikumpulkan pada Tahun 2018 adalah 62% dan pada Tahun 2019 berkas yang dikumpulkan meningkat menjadi 96%.

Selain berkas, indikator yang di cermati adalah data terkait Pegawai yang mengumpulan LKP secara lengkap di Tahun 2018 dan Tahun 2019. Pegawai yang mengumpulkan LKP secara lengkap pada Tahun 2018 berjumlah 39 orang dan Pegawai yang mengumpulkan LKP secara lengkap di Tahun 2019 adalah 92 orang, atau secara Persentase menunjukan bahwa pada tahun 2018 Pegawai yang mengumpulkan LKP secara lengkap yaitu 49% dan di Tahun 2019 meningkat menjadi 92%.

Diharapkan dengan adanya evaluasi ini, maka kedepan tingkat kepatuhan SDM dalam penyusunan LKP dapat terus meningkat, sehingga implementasi Manajemen Kinerja di BLU PPDPP bisa terus meningkat menjadi lebih baik, dan lebih bermanfaat dalam terus meningkatkan kinerja Pegawai dan Organisasi secara berkesinambungan.