Hasil Penilaian SAKIP PPDPP Tahun 2020 : Memuaskan

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2006 tentang Pelaporan Keuangan dan Kinerja Instansi Pemerintah dan Peraturan Presiden Nomor 29 Tahun 2014 tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), Direktorat Jenderal Pembiayaan Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DJPI) Unit Kerja Direktorat Pelaksanaan Pembiayaan Perumahan telah melakukan evaluasi atas implementasi SAKIP pada Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Tahun Anggaran 2020.

Pelaksanaan evaluasi SAKIP ini dilakukan berpedoman pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 12 Tahun 2015 tentang Pedoman Evaluasi atas Implementasi SAKIP; Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 09/PRT/M/2018 tentang Penyelenggaraan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dan Surat Keputusan Inspektur Jenderal Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 40/KPTS/IJ/2018 tanggal 24 Agustus 2018.

Empat tujuan dilaksanakan evaluasi SAKIP ini adalah untuk memperoleh informasi tentang implementasi SAKIP, menilai tingkat implementasi SAKIP, memberikan saran perbaikan untuk peningkatan implementasi SAKIP dan memonitor tindak lanjut rekomendasi hasil evaluasi periode sebelumnya.

Fokus Evaluasi SAKIP yang dilakukan oleh DJPI terhadap PPDPP ini meliputi evaluasi atas proses/penerapan SAKIP, evaluasi atas keluaran (output) dan evaluasi atas hasil (outcome), sedangkan komponen yang dievaluasi meliputi Perencanaan Kinerja, Pengukuran Kinerja, Pelaporan Kinerja, Evaluasi Internal dan pencapaian sasaran/kinerja Organisasi.

Berdasarkan penilaian komponen tersebut, maka implementasi atas SAKIP PPDPP Tahun 2020 dapat dikategorikan A yang berarti memuaskan, dengan nilai angka 82,68%. Rangkaian kegiatan evaluasi SAKIP dan pengumpulan data-data SAKIP sebelumnya telah dilakukan sejak bulan Juni 2021 lalu.

Namun demikian Direktur Utama PPDPP, Arief Sabaruddin berharap dengan hasil penilaian SAKIP Tahun 2020 yang memuaskan untuk lembaga PPDPP ini, diharapkan dapat lebih memotivasi seluruh pegawai PPDPP untuk mempertahankan dan meningkatkan kinerja setiap individu pegawai PPDPP.

“Ini merupakan apresiasi atas kinerja kita selama ini, kita harus sikapi dengan semangat untuk meningkatkan kinerja dan mengembangkan kapasitas diri setiap individu pegawai PPDPP,” ujarnya dalam rapat koordinasi rutin Pegawai PPDPP yang dilakukan secara virtual selama penerapan Work From Home sejak Pandemi COVID-19 terjadi, Maret 2020 lalu.