Hunian dengan Akses TOD Diminati Oleh Masyarakat

Hunian dengan akses TOD yang diminati oleh masyarakat tersebut disampaikan dalam seremoni penutupan gelaran pameran perumahan Indonesia Property Expo (IPEX) 2020 Edisi ke-38, pada hari minggu (23/2) yang berlokasi di Jakarta Convention Center (JCC), Istora Senayan, Jakarta. Pameran ini telah berlangsung selama satu minggu penuh dimulai sejak tanggal 15 Februari 2020, yang kala itu dibuka oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma`ruf Amin.

Kegiatan yang diinisiasi oleh Bank Tabungan Negara (BTN) yang bekerjasama dengan DPD REI dan didukung oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama dengan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini telah berhasil menarik lebih dari 200.000 pengunjung untuk hadir bertransaksi maupun sekedar berkunjung mencari info hunian.

Dari banyaknya pengunjung yang hadir tersebut terdapat Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) yang mencoba mencari jodoh huniannya dalam pameran ini. Untuk mengakomodir kebutuhan hunian bagi MBR, selama sepekan tersebut panitia juga menyediakan stand khusus perumahan subsidi yang salah satunya melalui skema dana bantuan Fasililtas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).

Dari data yang disampaikan oleh Direktur Utama Bank BTN Pahala N. Mansury pada seremoni penutupan IPEX 2020 tersebut, izin prinsip Kredit Pemilikan Rumah (KPR) maupun Kredit Pemilikan Apartemen (KPA) yang telah disetujui dalam pameran kali ini mayoritas mengalir ke segmen KPR/KPA non-subsidi, yakni mencapai Rp 3,51 triliun, yang setara dengan 4.360 unit hunian. Sedangkan untuk izin prinsip KPR/KPA dengan skema subsidi mencapai Rp 421 miliar atau sebanyak 2.585 unit hunian. “Sedangkan unit usaha syariah BTN berhasil meluluskan izin prinsip KPR/KPA syariah baik subsidi maupun non-subsidi untuk 723 unit hunian, atau senilai kurang lebih Rp 635 miliar,” ujar Pahala mengimbuhkan.

IPEX 2020 kali ini juga mencatat permintaan hunian tertinggi berada di sejumlah kawasan yang berdekatan dengan akses transportasi, seperti Jakarta, Bogor, Depok, dan Serpong. Sejumlah proyek yang meraih minat terbanyak adalah proyek yang mengusung konsep transit oriented development (TOD) seperti yang dikelola oleh PT Perumnas, PT PP Properti, PT Adhi Commuter Property, dan proyek HK Realtindo.

Seperti yang telah diketahui bersama, pada tahun 2020 Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Kementerian PUPR dalam menyalurkan KPR Sejahtera FLPP kepada MBR telah menerapkan Sistem Informasi KPR Subsidi Perumahan (SiKasep). Sebagai bentuk edukasi dan sosialisasi dalam pagelaran IPEX 2020, PPDPP menyediakan stand khusus bagi para pengunjung untuk menggali informasi seputar hal tersebut. Dalam seremoni penutupan IPEX 2020 tersebut, PPDPP hadir diwakili oleh Kepala Divisi Pemasaran, Alfian Arief dan berhasil memperoleh penghargaan sebagai Juara II Kategori Stand Terbaik Hall B IPEX 2020.