Indonesia Property Expo 2019 Kembali Digelar November mendatang

Lembaga Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (LPDPP) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat akan kembali berpartisipasi pada Indonesia Property Expo (IPEX) Tahun 2019. Kegiatan tersebut menurut rencana akan diselenggarakan pada 16 sampai dengan 24 November 2019 mendatang. Rencana penyelenggaraan kegiatan ini disampaikan pada kegiatan press conference yang digelar pada tanggal 23 Oktober 2019 di Gedung Energy Building, Kuningan – Jakarta Selatan.

Hadir sebagai narasumber pada press conference tersebut mewakilil unsur pemerintah, Direktur Layanan LPDPP, Agusny Gunawan yang didampingi Alfian Arief, Kepala Divisi Pemasaran LPDPP. Sedangkan narasumber lainnya antara lain Romeo Daniel Makenru Van Enst, Manager Non-Subsidized Mortgage and Consumer Leanting Division Bank BTN selaku pihak official partner IPEX 2019; Arvin F. Iskandar, Sekretaris Jendral Dewan Pengurus Daerah Realestat Indonesia (DPD REI) Jakarta; dan Gad Permata, Vice President PT Adhouse Clarion Events.

Arvin, selaku pihak pelaku usaha properti mengakui bahwa di tahun 2019 ini indeks harga property naik “Penjualan cukup signifikan, kalau kita lihat milenials ini konsumtif namun sisi lain membutuhkan rumah” ujarnya.Hal tersebut dibenarkan oleh Romeo, selaku pihak pelaku perbankan bahwa generasi millenials menjadi sasaran market. “Kami selalu berupaya lakukan inovasi terkait pemanfaatan teknologi, sehingga seluruh pengajuan serba online” tambah Romeo.

Agusny Gunawan, menyampaikan bahwa program pemerintah ini tetap dilanjutkan. Agusny sampaikan bahwa per 16 Oktober 2019 Bulan Oktober 2019 capaian penyaluran telah mencapai lebih dari 96,13% dari anggaran yang disediakan sebesar Rp.7,1 Triliun. “Tahun ini bagus sekali, saat ini alokasi masih ada walaupun tinggal sedikit, namun beberapa dari yang ada tersebut terbagi dan tersebar di Bank Pelaksana Daerah. tahun 2020 kami akan menekankan kepada daerah, yaitu melalui rangkaian pameran dan sosialisasi” terang Agusny.

Gad Permata, selaku event organizer IPEX 2019 menargetkan 250 pengujung dengan transaksi kredit kepemilkan rumah (KPR) mencapai Rp 5 triliun. Kegiatan ini tentunya melibatkan dukungan berbagai pihak, salah satunya dari LPDPP selaku pihak penyalur KPR Sejahtera Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).