Inisiasi Penerapan Satu Data Indonesia : PPDPP Selenggarakan Koordinasi dalam rangka Integrasi Data Pembiayaan Perumahan

Badan Layanan Umum (BLU) Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Divisi Database Unit Kerja Direktur Operasi menyelenggarakan Rapat Koordinasi Integrasi Data Pembiayaan Perumahan. Kegiatan tersebut berlangsung selama 2 (dua) hari pada tanggal 27 – 28 Februari 2020 yang bertempat di Kota Bogor dengan mengundang unit organisasi Kementerian PUPR yang bergerak di bidang pembiayaan perumahan ataupun unit penunjang lainnya, seperti Ditjen Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan, Ditjen Penyediaan Perumahan, hingga Pusat Data dan Informasi Kementerian PUPR.

Kegiatan dibuka oleh Bapak Martanto Boedi J selaku Direktur Operasi dengan didampingi Fachri selaku Kepala Divisi Database dan Moch. Ihsan selaku Kepala Divisi Teknologi Informasi. Adapun peserta yang hadir antara lain Kasubdit Data dan Informasi, Dit. Perumusan Kebijakan dan Evaluasi, Ditjen Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan (DJPI); Pejabat Penandatanganan Surat Perintah Membayar (PPSPM) Satker DJPI (SSB/SBUM); Kepala Seksi Pengelolaan Data, Direktorat Perencanaan Penyediaan Perumahan, Ditjen. Penyediaan Perumahan; Perwakilan Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kementerian PUPR; Perwakilan Sub Direktorat Perencanaan Teknis dan Evaluasi, Dit. Rumah Umum dan Komersial, Ditjen. Penyediaan Perumahan, dan Perwakilan Unit Kerja PPDPP.

Dihari pertama, forum membahas mengenai Koordinasi Teknis mengenai Struktur Data untuk Program Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP), Bantuan Pembiayaan Perumahan berbasis Tabungan (BP2BT), SUbsidi Selisih Bunga (SSB), kemudian dilanjutkan dengan Koordinasi layanan mengenai Sistem Informasi KPR Subsidi Perumahan (SiKasep) dan Sistem Kumpulan Pengembang (SiKumbang).

Sedangkan dihari kedua pembahasan dilanjutkan dengan Diskusi Panel mengenai Alur dan Proses Bisnis 3 (tiga) program, yaitu FLPP, BP2BT dan SSB. Selain itu, disampaikan mengenai Alur dan Proses Bisnis FLPP dengan mengimplementasikan Sistem Informasi KPR Subsidi Perumahan (SiKasep) dan Sistem Informasi Kumpulan Pengembang (SiKumbang).

Kegiatan tersebut bertujuan untuk dapat berkoordinasi dalam rangka persiapan Integrasi Data Program Pembiayaan Perumahan, yang terdiri atas FLPP, SSB dan BP2BT. Selanjutnya, akan disiapkan satu platform yang dapat mengakomodir 3 (tiga) program pembiayaan perumahan tersebut. Diharapkan melalui Integrasi Data Pembiayaan Perumahan akan meningkatkan kemudahan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) dalam memperoleh subsidi yang tepat.