Lana Winayati, Terpilih Sebagai Ketua Dewas PPDPP

Berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 473/KPTS/M/2016 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Dewan Pengawas Badan Layanan Umum Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Kementerian PUPR, Lana Winayati yang juga merupakan Staf Ahli Menteri Bidang Sosial Budaya dan Peran Masyarakat, Kementerian PUPR diangkat menjadi Ketua Dewan Pengawas (Dewas). Sebelumnya posisi ini dipegang oleh Maurin Sitorus, Direktur Jenderal Pembiayaan Perumahan. Adapun anggotanya masih tetap sama, yaitu Mirna Amin, Moh. Hatta, Achmad Saefudin dan Arief Setiabudi Canny.

Lana Winayati memimpin rapat pertamanya hari Jumat (29/7) bersama anggota dewas lainnya, yaitu Achmad Saefudin dan Arief Setiabudi Canny bersama direksi PPDPP. Sementara dua orang lainnya, berhalangan hadir. Rapat diawali dengan paparan dari Direktur Utama, Budi Hartono yang memaparkan kinerja PPDPP dalam 6 tahun terakhir. Di antaranya mengenai realisasi penyaluran dana FLPP sampai dengan bulan Juni 2016 adalah  sejumlah 7.009 unit atau telah mencapai 7,31% dari target sejumlah 95.900 unit dan dengan nilai FLPP sebesar Rp 690 Miliar atau mencapai 6,82% dari target sebesar  Rp 10,127 Triliun. Sedangkan secara total penyaluran dana FLPP dari tahun 2010 sampai dengan bulan Juni tahun 2016 adalah sebanyak 444.605 unit dengan nilai FLPP sebesar Rp 23,282 Triliun.

“Banyak progress dan target yang sudah dicapai oleh PPDPP. Kinerja PPDPP sampai dengan saat ini menunjukkan performance yang sangat baik dan diharapkan dapat mendorong tersedianya pelayanan publik yang memadai,” ujar Ketua Dewas menanggapi paparan dari direksi PPDPP. Namun menurutnya PPDPP harus pro aktif dalam melakukan promosi, sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat perihal program FLPP. “Jangan biarkan media yang mengatur opini masyarakat tentang FLPP.,” tambahnya.