Lomba Karya Visual “Membangun Rumah, Membangun Kehidupan” Masuk Tahap Akhir Penjurian

Jakarta, 8 Juli 2021 – Lomba karya visual dengan tema Membangun Rumah, Membangun Kehidupan yang diselenggarakan oleh Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP), Kemanterian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akhirnya masuk pada tahap final penjurian. Setelah melalui berbagai tahapan seleksi yang ketat, panitia mengundang juri yang terdiri dari PPDPP bersama dengan para profesional di bidangnya untuk melakukan seleksi akhir untuk menentukan 13 Pemenang juara lomba untuk masing-masing kategori, yang terdiri dari Juara I, II, III dan juga Juara Harapan ke 1 hingga Harapan ke 10.

Sejak dibukanya lomba dari tanggal 10 Mei dan ditutup pada 18 Juni 2021 lalu, PPDPP telah menerima karya foto setidaknya 1.638 foto dari 361 peserta dan karya video sebanyak 91 video dari 85 peserta, yang kemudian diseleksi pada penentuan akhir menjadi sebanyak 32 karya foto dan 17 karya video. Seleksi Penjurian yang dilakukan secara online melalui apikasi Zoom ini terbagi menjadi 2 kategori, yaitu Lomba Foto dan Lomba Video. Adapun juri yang terlibat dalam seleksi ini terdiri dari tiga unsur, yaitu pihak Direksi PPDPP, Praktisi foto dan film, dan Pimpinan dari Media Indonesia.

Dari Kategori Foto, juri yang terlibat antara lain: Arief Sabaruddin, selaku Direktur Utama PPDPP; Beawiharta, sebagai Fotografer Profesional; dan Aryo Danusiri sebagai Antropolog Film. Sedangkan dari Kategori Video, juri yang terlibat antara lain: Hariyanto, selaku Kepala Divisi Artistik & Foto Media Indonesia; dan juga dua juri kategori sebelumnya yaitu Arief Sabaruddin dan Aryo Danusiri.

Kepala Divisi Humas PPDPP, Rozalinda Yahya menyampaikan dalam tahap seleksi awal tim kurator mempertimbangkan berbagai unsur penilaian penting untuk lolos, seperti pesan yang disampaikan harus sesuai dengan tema dan memenuhi syarat administratif yang telah ditentukan. Selain itu diharapakan kegiatan ini dapat menjadi salah satu upaya penyampaian informasi terkait Program Bantuan Pembiayaan Perumahan KPR Bersubsidi FLPP.

“Kami berharap karya peserta yang mengikuti lomba ini mampu menterjemahkan tema yang kami angkat yaitu “Membangun Rumah Membangun Kehidupan”, dapat menjadi salah satu upaya PPDPP dalam mensosialisasikan program FLPP yang dikelola oleh PPDPP kepada Masyarakat,” ujarnya.

Direktur Utama PPDPP, Arief Sabaruddin menyampaikan dengan tema yang diusung panitia yaitu Membangun Rumah Membangun Kehidupan dapat menjadi perhatian bagi seluruh Stake Holder terkait dan dan masyarakat umum. Arief sabaruddin sekaligus menyampaikan apresiasinya kepada para peserta lomba dan para juara lomba foto dan video dengan tema Membangun Rumah, Membangun Kehidupan ini.

Menanggapi animo yang cukup besar dari jumlah peserta, Arief Sabaruddin menilai hal tersebut dapat menjadi tolak ukur keberhasilan penyelenggaraan lomba tersebut. “Tema ini mengartikan bahwa membangun rumah itu tidak hanya sekedar memperhatikan fisik bangunan semata, namun juga harus memperhatikan value dan nilai-nilai yang terkandung dalam rumah tersebut, yaitu nilai kehidupan sebuah keluarga yang tinggal di dalamnya, karena membangun rumah tidak hanya sekedar membangun Perumahan semata, lebih dari itu membangun rumah juga membangun sebuah peradaban,“ Ujar Arief.

Pelaksanaan lomba ini juga diapresiasi oleh Beawiharta selaku Fotografer Professional ketika melakukan penjurian “Temanya bagus dan menarik, membangun rumah membangun kehidupan, jarang sekali sebuah instansi Pemerintah selenggarakan perlombaan foto dan video tapi mengangkat tentang sisi kehidupan. Jadi tidak hanya foto dengan tampilan fisik rumahnya saja yang menjadi penilaian, orang yang mengisinya juga, jadi penilaiannya buat saya ada dua sisi, bangunannya menjadi penting, tapi yang ga kalah penting adalah yang menghuninya.” ujar Bea.

Senada dengan Mas Bea, sapaan akrabnya. Hariyanto salah satu Dewan Juri turut memberikan apresiasinya kepada para peserta dan atas terselenggaranya lomba ini, menurutnya tema lomba ini sangat menarik bahwa Rumah itu bukan sekedar tempat untuk berteduh, tapi juga untuk membangun sebuah nilai-nilai kehidupan, menawarkan sebuah kehidupan.

“Saya angkat topi setinggi-tingginya karya yang masuk memberikan gambaran kepada kami para juri. Rumah itu tidak sekedar rumah untuk berteduh, namun memberikan kehidupan positif bagi kehidupan. Karena karya itu tidak hanya memberikan gambaran sebuah kejadian, namun dapat memberikan edukasi, sehingga karya tersebut memiliki kemampuan untuk mengajak publik kepada pesan yang dimaksud” Pungkasnya.

Dalam tahap akhir penjurian ini, tim juri telah menentukan para pemenang di masing-masing kategori. Menurut rencana para pemenang akan diumumkan pada penyelenggaraan event webinar yang akan diselenggarakan oleh PPDPP dalam waktu dekat ini. Lomba Karya Visual “Membangun Rumah, Membangun Kehidupan” merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh PPDPP bekerjasama dengan Dari Balik Lensa.