Meet the Expert: Jadikan BPD Tuan Rumah di Daerah Sendiri

Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) mengadakan Meet The Expert dengan mengangkat tema,”Menjadikan BPD Menjadi Bank Penyalur Terbesar KPR Sejahtera FLPP” pada hari Jumat (12/7) di Hotel Arya Duta kota Medan Sumatera Utara. Acara ini dihadiri oleh Bank Pembangunan Daerah (BPD) seluruh Indonesia yang menyalurkan KPR Sejahtera FLPP dan Kepala Dinas dari seluruh Indonesia bidang Perumahan dan Permukiman, Direksi PPDPP dan PT SMF.

Dalam acara yang berlangsung hangat, sesi pertama menampilkan Direktur Layanan, Agusny Gunawan yang memaparkan tentang Evaluasi Penyaluran KPR Sejahtera FLPP melalui BPD periode 2010 – 2018. Dalam paparannya terlihat peran dari BPD masih rendah dalam menyalurkan dana FLPP. Untuk periode 2010 – 2018 peran BPD hanya 5,56% jika dibandingkan dengan Bank Umum Nasional yang menguasai hingga 94,44%. Penyalur KPR Sejahtera tertinggi dipegang oleh Bank Papua hingga akhir Mei 2019 sebanyak 8.360 unit dengan porsi 1,38% sisanya dipegang oleh BPD lainnya.

Pembicara selanjutnya pada sesi yang sama, dari Otoritas Jasa Keuangan, “Peran OJK dalam Mendukung Program Satu Juta Rumah” yang mewakili Deputy Commisioner Pengawas Perbankan IV serta dari PT SMF yang diwakili oleh Direktur PT SMT Heliantopo yang mengangkat tema,” Peran SMF dalam Program Sejuta Rumah”.

Dalam acaranya PPDPP melalui Direktur Layanan berharap, BPD dapat lebih mengoptimalkan diri dalam menyalurkan dana FLPP dan dapat menjadi tuan rumah di daerahnya masing-masing.

Sedangkan sesi kedua lebih membahas tentang sharing session dan sharing knowleadge terkait kita sukses dari BPD yang telah berhasil keluar dari zona merah dalam menyalurkan dana FLPP. Hadir pembicara dari BTN dan Bank Sumut Syariah.

Antusias peserta cukup bagus sehingga cara berjalan dengan lancar yang dipandu oleh Kepala Divisi Pemasaran PPDPP, Alfian Arief.