Menunggu Terbitnya PP PKE XIII

Hampir sebulan sejak keluarnya Paket Kebijakan Ekonomi (PKE) XIII pada tanggal 24 Agustus lalu, pemerintah dalam hal ini Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) belum kunjung mengeluarkan Peraturan Pemerintah (PP) terkait dengan kebijakan tersebut. Padahal pemerintah berjanji 10 hari sejak PKE ini diumumkan akan segera menerbitkannya.

Menurut Syarif Burhanuddin, Dirjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR, saat ini draft PP sebagai pelaksana PKE XIII sedang dimatangkan di Kemenko Perekonomian. Dan belum bisa dipastikan kapan akan dikeluarkan. Lamanya ini menurut Syarif, karena pemerintah perlu memperkuat peraturan terhadap tugas dan tanggung jawab tiap-tiap kementerian/lembaga untuk memastikan efektifitas implementasi nantinya. “Tantangan lebih besar nantinya adalah proses harmonisasi dengan kebijakan daerah,” ujarnya.

Pengembang memang berharap banyak agar PP ini segera turun karena penyederhanaan perizinan bagi rumah masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) memang paling mendesak. Sebab menyangkut tantangan keterbatasan daya beli masyarakat. Dengan perizina yang lebih ramping dan waktu yang lebih pasti, biaya produksi rumah dapat lebih murah dan harga jual pun lebih terjangkau bagi MBR.