Muhasabah dan Internalisasi Nilai-Nilai Etika Akhlakul Karimah di LPDPP Bersama Anak Yatim Dhuafa dalam Konteks Pembinaan SDM

Kegiatan Silaturahim Bersama Anak Yatim Dhuafa ke-7 dan Ceramah dalam Konteks Pembinaan & Peningkatan Kapasitas Pegawai Tahun 2019 dilaksanakan pada Hari Jumat 6 Desember 2019 di Lantai 4, Kantor LPDPP. Kegiatan ini di hadiri oleh 40 Anak Yatim dari Yayasan Donasi Umat Lebak Bulus, Jakarta. Kegiatan ini diawali dengan Penyampaian Laporan Ketua Umum Rohis yang di sampaikan oleh Muhammad Nauval Al-Ammari selaku Kepala Divisi SDM dan di hadiri oleh Pegawai BLU LPDPP.

Tema Kegiatan Silaturahim Bersama Anak Yatim Dhuafa ke-7 dan Ceramah dalam Konteks Pembinaan & Peningkatan Kapasitas Pegawai Tahun 2019 adalah Muhasabah dan Etika Akhlakul Karimah yang disampaikan oleh Narasumber yaitu Ustad Dr. Ahmad Fathoni, Lc., MA. Beliau menjelaskan bahwa memiliki Etika Akhlakul Karimah mencerminkan bahwa orang tersebut mempunyai integritas. Integritas seseorang sangat diperlukan dalam pekerjaan karena seseorang berkinerja dengan baik salah satunya di ukur dari integritasnya. Sifat-Sifat yang di miliki Nabi Muhammad SAW mencerminkan Integritas yaitu Sifat Shiddiq yang berarti benar, bukan hanya perkatannya yang benar tapi juga perbuatannya juga benar, Sifat Amanah yang berarti benar-benar di percaya, jika satu urusan diserahkan kepadanya, niscaya orang percaya bahwa urusan itu akan dilaksanakan sebaik-baiknya, Tabligh yang artinya menyampaikan, segala firman Allah SWT selaku disampaikan oleh Nabi Muhammad SAW, dan sifat selanjutnya adalah Fathonah yang artinya cerdas, intelektual, kreatif, dan bijaksana.

Ustad Dr. Ahmad Fathoni, Lc., MA menjelaskan bahwa dalam melakukan hal yang benar kita tidak perlu takut yang terpenting bisa di pertanggungjawabkan. Dalam hal mencari pasangan/jodoh, beliau menjelaskan jika kita punya niat baik dan dilakukan dengan cara yang baik, maka insha Allah akan Allah ridhoi. Dalam hal Jabatan, kita jangan terlalu berambisi pada suatu Jabatan dan jangan memilih orang yang terlalu berambisi pada suatu jabatan. Jika kita merasa masih ada orang lain yang lebih baik untuk menduduki Jabatan tersebut maka sebaiknya kita serahkan kepadanya, kecuali untuk menyelamatkan posisi Jabatan Publik tertentu dari orang-orang yang zalim.

Kegiatan Silaturahim bersama Anak Yatim Dhuafa Insha Allah akan terus dilaksanakan secara rutin di Tahun 2020. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk internalisasi nilai-nilai budaya organisasi di LPDPP yang meliputi nilai-nilai: Integritas, Profesional, dan Etika Akhlakul Karimah. Diharapkan dengan kegiatan ini Para Pegawai LPDPP akan menjadi insan yang lebih cerdas secara intelektual, emosional, dan spiritual.