Pameran Rumah Rakyat 2016 Dimulai, Jambi Menjadi yang Pertama

Rangkaian Pameran Rumah Rakyat 2016 Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) mulai digelar hari ini, Selasa (12/10) di kota Jambi. Bertempat di gedung olahraga Kota Baru, Jambi Pameran Rumah Rakyat 2016 berlangsung selama lima hari, dimulai dari tanggal 12 hingga 16 Oktober 2016.

Hari pertama Pameran Rumah Rakyat 2016 Kota Jambi dibuka dengan dihadiri oleh Dirjen Pembiayaan Perumahan Kementerian PUPR, Maurin Sitorus; Direktur Utama PPDPP, Budi Hartono; Sekretaris Daerah Kota Jambi mewakili Walikota Jambi, Daru Pratomo; dan Sekretaris Daerah Provinsi Jambi mewakili Gubernur Jambi, Ridham Priskap. Selain juga dihadiri oleh Direktur Utama Bapetarum PNS, Jajaran Muspida Provinsi dan Kota Jambi, Direktur Bank Daerah Jambi, DPD Real Estate Indonesia Jambi, Direksi Bank-Bank Pelaksana KPR FLPP, dan seluruh Ketua Asosiasi Pengembang di Jambi.

Pameran Rumah Rakyat 2016 Kota Jambi ini dimeriahkan oleh puluhan stand, yang terdiri bank pelaksana yang telah mengadakan perjanjian kerjasama operasional dengan PPDPP, asosiasi perumahan seperti Real Estate Indonesia (REI), Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permikiman Seluruh Indinesia (Apersi), Asosiasi Pengembang Rumah Sederhana Sehat (Apernas), Asosiasi Pengembang Perumahan Rakyat Indonesia (Asperi), Asosiasi Pembangunan Perumahan Prajurit (Aspera), Asosiasi Pengembang dan Pemasar Rumas Nasional (Asprumnas). Bapertarum PNS dan Perum Perumnas juga turut aktif dalam mendukung pameran rumah rakyat ini

Direktur Utama PPDPP, Budi Hartono dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pameran ini juga melibatkan beberapa Direktorat Jenderal dan badan di Lingkungan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yaitu Ditjen Pembiayaan Perumahan, Ditjen Penyediaan Perumahan, Ditjen Cipta Karya, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah.

Harapannya, semua pihak yang mengikuti pameran ini bisa turut serta memberikan produk terbaiknya bagi rakyat dan menyukseskan pameran rumah rakyat 2016 ini. Pameran rumah rakyat tahun 2016 ini, merupakan pameran tahun ketiga yang telah dilaksanakan oleh PPDPP dalam mendukung program pemerintah dalam membantu masyarakat berpenghasilan rendah dalam memiliki rumah. “Pameran ini harus sukses dan lebih baik dari tahun sebelumnya. Kesuksesan pameran ini terlihat dari pameran yang tertata dengan baik, apik dan ramai pengunjung. Sehingga diharapkan banyak terjadi transaksi nantinya,” ujarnya.

Sekretaris Daerah Kota Jambi mewakili Walikota Jambi, Daru Pratomo, menyampaikan bahwa Kota Jambi memiliki 740.000 penduduk dengan rata-rata 70.000 kepala keluarga. Sebelum kegiatan pameran ini diselenggarakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan 11 camat yang ada di Kota Jambi, dan telah siap untuk diinventarisasi data penduduk. “Kami menyambut baik kegiatan ini, semoga masyarakat dapat lebih mudah, lebih cepat dan lebih murah dalam mencari rumah” ujarnya.
Senada dengan Daru Pratomo, Sekretaris Daerah Provinsi Jambi mewakili Gubernur Jambi, Ridham Priskap juga menyambut baik kegiatan pameran ini. “Kami memberikan apresiasi dan dukungan sepenuhnya, bagaimana mensosialisasikan kepada masyarakat untuk memperoleh rumah layak huni” ujar Ridham dalam sambutannya.

Provinsi Jambi memiliki 11 kabupaten dan kota, diantaranya 9 kabupaten dan 2 kota, dengan total penduduk 3,5 juta jiwa. Saat ini Gubernur Provinsi Jambi memiliki program kerja “Jambi Tuntas 2021” yang merupakan realisasi dukungan terhadap pemerintah dalam mensukseskan program Sejuta Rumah. Dikarenakan menilik data rencana pembangunan perumahan pada tahun 2015, Provinsi Jambi memiliki backlog sejumlah 129.000 unit rumah.

Tahun anggaran mendatang Provinisi Jambi juga telah mencanangkan program bantuan pembangunan rumah dan swadaya, dan berharap dapat menjadi prioritas.
Menurutnya, pembangunan perumahan memerlukan dukungan seluruh pihak, termasuk dari lembaga penelitian dan akademisi yang diharapkan juga dapaat berkontribusi. Ridham berharap bahwa pengembang dapat berperan serta secara penuh, dikarenakan merupakan mitra pemerintah yang paling berkontribusi untuk rumah yang layak.

Menutup sambutan sekaligus sebagai tanda pembukaan berlangsungnya Pameran Rumah Rakyat 2016 Kota Jambi, Dirjen Pembiayaan Perumahan Kemeterian PUPR menyampaikan bahwa anggaran pembiayaan perumahan di tahun 2017 adalah Rp15,6 Triliun untuk mendukung program sejuta rumah. Maurin Sitorus sampaikan bahwa kesiapan Pemerintah Pusat telah matang, sekarang hanya tinggal bagaimana pemerintah daerah siap untuk bekerjasama. “Jambi adalah yg terbaik dalam hal perizinan. Walaupun sudah baik, diharapkan perizinan dapat lebih ditingkatkan pelayanannya” ujarnya.

Maurin Sitorus juga menegaskan bahwa program KPR FLPP ini juga merupakan tantangan bagi pengembang untuk menyesuaikan harga terhadap KPR FLPP. Maurin Sitorus beharap perbankan mulai dapat melakukan mitigasi resiko terhadap masyarakat sektor informal, sehingga nantinya masyarakat sector informal pun dapat dengan mudah mengajukan KPR FLPP. (Sigit)