Pelaksanaan SIT dan UAT Implementasi Host to Host SiKasep Antara PPDPP Dengan 35 Bank Pelaksana

Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Divisi Teknologi Informasi (TI) melaksanakan  System Integration Testing (SIT) dan User Acceptance Testing (UAT) Implementasi Host to Host bersama 35 Bank Pelaksana pada tanggal 30-31 Januari 2020 di Yogyakarta. Acara tersebut dibuka oleh Direktur Utama PPDPP, Arief Sabaruddin yang didampingi Direktur Operasi, Martanto B.Joewono bersama Kepala Divisi Teknologi Informasi, Moch.Ihsan.

Acara tersebut dihadiri oleh 35 (tiga puluh lima) Pejabat/Pelaksana Bank Pelaksana yang mempunyai kewenangan dalam Bidang Teknologi dan Bisnis KPR FLPP yaitu Bank BTN, Bank BTN Syariah, Bank BRI, Bank BRI Syariah, Bank BRIAgro, Bank BNI, Bank Mandiri, Bank Artha Graha Internasional, Bank BJB, Bank BJB Syariah, BPD NTT, BPD Kalteng, Bank Nagari, Bank Nagari Syariah, BPD DIY, BPD Jambi, BPD Jambi Syariah, BPD Sulsel, BPD Sulselbar Syariah, BPD Sulteng, BPD Sumselbabel, BPD Sumselbabel Syariah, BPD Jateng, BPD Jateng Syariah, BPD Jatim, BPD Jatim Syariah, BPD Papua, BPD Riau Kepri, BPD Riau Kepri Syariah, BPD Aceh Syariah, BPD Kalsel, dan BPD Kalsel Syariah.

Dalam sambutan dan arahannya, Direktur Utama PPDPP menyampaikan bahwa tujuan dari acara tersebut adalah untuk memastikan Aplikasi SiKasep efektif “Alasan kami dalam pembuatan Aplikasi ini adalah untuk menciptakan penyaluran FLPP yang akuntabel, transaparan dan sangat efektif untuk Perumahan dan Permukiman” ujarnya. Arief juga menyampaikan bahwa dalam beberapa pekan terakhir ini, PPDPP merasakan tingginya antusias masyarakat dalam penggunaan Aplikasi SiKasep, dengan banyaknya MBR yang datang ke kantor untuk melakukan pengaduan terkait Aplikasi SiKasep “Untuk itu  kami berencana untuk memeperpanjang pelayanan Hotline, yaitu dari Pukul 07.00 – 22.00 WIB setiap hari Senin s.d Jumat” tambah Arief.

Kegiatan ini bertujuan untuk mereview jalur koneksi yang telah dikembangkan antara PPDPP dengan bank pelaksana terkait pengembangan Aplikasi SiKasep “Tidak hanya Aplikasi SiKasep ataupun Sikumbang, namun kita juga sedang menunggu SiPetruk (Sistem Pemantauan Struktur)” AruefMartanto.

Kehadiran SiPetruk merupakan salah satu amanat UU Nomor 21 yang telah diperbaharui menjadi Nomor 20 Tahun 2019 Tentang Kemudahan dan Bantuan Pemilikan Rumah Bagi MBR, bahwa FLPP harus tepat sasaran  karena selama ini yang tepat sasaran hanya pada MBR-nya, padahal rumahnya juga harus tepat sasaran. Dalam setiap pembangunan rumah yang telah dibangun oleh para pengembang, harus mendapat dari pengesahan dari MK (Manajemen Konstruksi). MK melakukan pemantauan dan pengawasan, dengan tahap awal adalah struktur bangunannya, dimana yang selama ini mungkin terabaikan.

Berdasarkan data PPDPP, mulai tanggal 25-26 Januari 2020 sudah terdapat data pencairan FLPP melalui SiKasep, yaitu dari Bank Jateng dan Jateng Syariah.  Bagi bank pelaksana lainnya yang belum mengajukan pencairan, PPDPP ingin menelusuri permasalahan tersebut dengan melihat sistem SiKasep yang ada pada masing-masing Bank Pelaksana. Lanjut Martanto, dengan adanya SiKasep, PPDPP dapat melihat besarnya animo masyarakat terhadap Bank yang dipilih, untuk itu kinerja bank akan tetap menjadi perhatian. Kedepannya, PPDPP menginginkan agar seluruh penyelenggaraan FLPP dapat berbasis teknologi informasi, selain itu diharapkan Bank Pelaksana dapat ikut membantu sosialisasi SiKasep./Icha