Pelatihan Manajemen Talenta di lingkungan LPDPP Tahun 2019

LPDPP mengadakan pelatihan Manajemen Talenta bekerjasama dengan Experd Consultant yang dilaksanakan pada Kamis,15 Agustus 2019 bertempat di kantor LPDPP. Pelatihan dibuka oleh Muhammad Nauval Al-Ammari selaku Kepala Divisi SDM dan dihadiri oleh Peserta Pelatihan yang terdiri dari Perwakilan Unit Kerja di lingkungan LPDPP. Trainer pelatihan yaitu Eileen Rachman beserta tim dari Experd yang merupakan Penyelenggara Pelatihan Manajemen Talenta.

Eileen Rachman dengan Tim menggunakan metode SIMTalent yang merupakan modul simulasi bisnis dari SIMdustry yaitu sebuah perusahaan konsultan Human Capital yang berbasis di Jerman dan saat ini telah memiliki afiliasi di berbagai Negara Asia, Australia, Amerika, Eropa dan Experd Consultant merupakan mitra ekslusif di Indonesia. Metode SIMTalent Simulation bertujuan untuk memahami helicopter view dari People management terkait recruit, retrain, develop. Metode simulasi ini merupakan metode pelatihan yang banyak dipandang oleh perusahaan-perusahaan besar Fortune 500 sebagai metode yang efektif, karena melalui interaksi antara partisipan, setiap peserta akan memperoleh pengalaman-pengalaman yang didasarkan pada kasus nyata sekaligus terlibat aktif dalam memberikan respon yang tepat.

Materi yang disampaikan dalam pelatihan terdiri dari Strategic People Management Mindset dimaksud agar peserta pelatihan dapat memahami kaitan antara performa manusia dan performa organisasi dan memahami accountability, authority & responsibility seorang People Manager. Materi selanjutnya Strategic People Management Simulation; SIMTalent Simulation merupakan metode pelatihan dalam menemukan talent, dalam SIMTalent Simulation terdiri Talent identification & recruitment, Talent Development, Talent problems & Retention Management dan Talent Management Result. Materi yang terakhir yaitu Strategic People Management Reflection; SIMTalent Debrief, Big Picture of Strategic People Management Review.

Pelatihan Manajemen Talenta bermanfaat baik bagi Peserta pelatihan maupun bagi Organisasi. Manfaat bagi Peserta pelatihan diantaranya meningkatkan pemahaman akan fungsi dan peran sebagai seorang pemimpin dan human capital yang berorientasi pada people management, lebih percaya diri dalam menampilkan diri sebagai pemimpin dan human capital yang mampu menjalankan perannya secara optimal dalam proses recruit, develop, dan retain, tepat dalam mengindentifikasi kebutuhan serta strategi pengembangan organisasi. Sedangkan manfaat bagi organisasi diantaranya memiliki pengelola SDM yang mampu memberi Solusi bagi masalah-masalah bisnis yang terkait dengan pengelolaan Pegawai, Pengelola SDM dapat memberikan nilai tambah dan kontribusi yang berdampak nyata bagi pencapaian tujuan perusahaan, dan menyelaraskan semua fungsi human capital dengan menghilangkan hambatan-hambatan dalam komunikasi dan persepsi.

Pelatihan Manajemen Talenta diselenggarakan oleh BLU LPDPP sekaligus dalam rangka mendukung tema memperingati HUT RI ke-74 yaitu SDM Unggul, Indonesia Maju. Peningkatan Kapasitas dan Kompetensi SDM  di BLU LPDPP merupakan salah satu bentuk upaya untuk membentuk SDM yang unggul, semakin professional dan berdaya saing tinggi.