Pembahasan Penyusunan Standar dan Kamus Kompetensi BLU PPDPP

Rapat Pembahasan Penyusunan Standard dan Kamus Kompetensi BLU PPDPP dilaksanakan pada Hari Senin 10 Februari 2020, bertempat di Ruang Rapat Bromo Lantai 2, Kantor BLU PPDPP. Rapat dipimpin oleh Muhammad Nauval Al-Ammari selaku Kepala Divisi SDM. Rapat ini mengundang tim consultant ahli bidang SDM untuk membantu proses penyusunan standar dan kamus kompetensi di BLU PPDPP. Dalam rapat tersebut dihadiri oleh Perwakilan dari Pusat Penilaian Kompetensi dan Pemantauan Kinerja BPSDM Kementerian PUPR serta hadir Perwakilan dari Unit Kerja/Unit/Divisi di lingkungan BLU PPDPP.

Dalam penyusunan standar dan kamus kompetensi mengacu pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 38 tahun 2017 tentang Standar Kompetensi Jabatan Aparatur Sipil Negara dan juga akan mengacu pada regulasi tentang Kompetensi yang telah disiapkan oleh Pusat Penilaian Kompetensi dan Pemantauan Kinerja BPSDM Kementerian PUPR.

Proses Penyusunan standar dan kamus kompetensi di BLU PPDPP dimulai pada bulan Februari sampai bulan April/Mei 2020. Berdasarkan Project Schedule yang akan dilakukan pada tahap awal adalah menganalisa Bisnis Proses dan Analisa Jabatan, Pembuatan Draft Technical Competencies, Pembuatan Matrik Level Kecakapan, Konfirmasi Technical Competencies dengan User, dan persetujuan Technical Competencies. Setiap Unit Kerja/Unit/Divisi akan berdiskusi dengan Konsultan yang dijadwalkan setiap minggu di hari Rabu dan Kamis. Bahan-bahan yang akan didiskusikan dan perlu disiapkan oleh Unit/Divisi masing-masing adalah Uraian Jabatan, Kontrak Kinerja/KPI/Indikator Kerja Individu dan SOP-SOP. Serah terima Hasil Pekerjaan di jadwalkan di akhir April 2020 atau di awal Mei 2020 sesuai Kontrak.

Diharapkan dengan adanya penyusunan standar dan kamus kompetensi, khususnya standar dan kamus kompetensi teknis di BLU PPDPP, akan memperbaharui sistem manajemen SDM di BLU PPDPP sehingga bisa lebih kuat dalam menerapkan manajemen SDM berbasis kompetensi.