Pembentukan Bank Tanah Penting Demi Kelangsungan Program Sejuta Rumah

Pemerintah akan mendirikan bank tanah tahun depan untuk memenuhi kebutuhan lahan proyek infrastruktur. Demikian dituturkan oleh Direktur Jenderal Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional (BPN), Budi Situmorang.

Saat ini BPN sedang menyiapkan skema yang pas untuk mencari bentuk bank tanah. Sejauh ini baru pihak swasta yang memiliki bank tanah untuk kepentingan komersial. Sehingga seringkali, kebutuhan lahan lahan menjadi persoalan yang selalu muncul di proyek infrastruktur.

Menurut Ali Tranghanda, Direktur Eksekutif Indonesia Property Watch, sebaiknya pemerintah segera merealisasikan pemebntukan bank tanah ini untuk menjamin kelangsungan program sejuta rumah. sejauh ini tanah menjadi kendala utama bagi pengembang untuk membangun rumah. “Bank tanah akan menjadi salah satu kunci penyediaan rumah dan penyelesaian permasalahan backlog perumahan,”ujarnya.

Ke depan, jika saja bank tanah sudah terbentuk maka lahan yang telah memiliki hak guna usaha (HGU) jika tidak dimanfaatkan maka sesuai perizinan tanahnya akan bisa diambil alih oleh negara.