Pemerintah Konsisten Dalam Penyediaan Perumahan Bagi Rakyat

Direktur Keuangan Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP), Dzikran Kurniawan tampil sebagai salah satu pembicara dalam bincang santai dan diskusi yang digelar oleh Forum Wartawan Perumahan Rakyat di Hotel Aston, Sentul pada Rabu (26/4) yang mengangkat tema “Peran Pemerintah dan Stakeholder Dalam Memenuhi Kebutuhan Rumah Rakyat”. Dalam diskusi tersebut juga hadir narasumber lain yaitu Direktur Bank BTN, Onie Febriarto, Budi Yanto Lusli, President Director Synthetis Development, Direktur Pemasaran, Perum Perumnas, M. Nawir dan Kadiv BPJS Ketenagakerjaan, Edy Subayo.

Dalam diskusi tersebut, Direktur Keuangan PPDPP, Dzikran Kurniawan menyampaikan bahwa pemerintah konsisten terhadap pembiayaan perumahan untuk rakyat. Terbukti pada tahun 2017 pemerintah menggelontorkan dana untuk perumahan rakyat sebesar Rp 9,7 triliun dan tahun 2018 juga diusulkan anggaran yang tidak jauh berbeda.

“Saat ini PPDPP sedang mengkaji pemanfaatan tanah-tanah pemerintah yang menganggur untuk dimanfaatkan bagi pembangunan perumahan bagi masyarakat berpenghasilan rendah,” ujarnya

Sementara itu, Direktur Bank BTN, menyampaikan bahwa sebagai bank BUMN, pihaknya berkomitmen untuk terus mendukung program pemerintah untuk pembangunan sejuta rumah. “Industri ini sangat menarik, saat ini kami sedang fokus dalam program untuk kredit mikro yang ditujukan untuk pekerja informal,” ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, President Director Synthetis Development berharap pemerintah bisa memberikan kemudahan bagi pengembang dalam membangun rusunami mengingat saat ini, kemudahan banyak diperoleh untuk pembangunan rumah tapak.