Pemkab Banyuwangi dan Pengembang Lokal Dukung Program Satu Juta Rumah

Banyuwangi – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi dan pengembang lokal mendukung Program Satu Juta Rumah yang telah dicanangkan pemerintah. Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas saat meninjau Pameran Rumah Rakyat 2016 di Gesibu Blambangan, Senin (17/10).
“Kami (Pemkab Banyuwangi-red) bersama pengembang di sini mendukung penuh Program Satu Juta Rumah yang sudah dicanangkan pemerintah,” ujarnya
Menurutnya, kegiatan pembangunan rumah seperti rumah bersubsidi, dapat mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat Banyuwangi.

Abdullah menyatakan siap mendorong tercapainya Program Satu Juta Rumah khususnya rumah bersubsidi, dengan mempermudah perizinan bagi pengembang yang ingin membangun rumah bersubsidi di daerahnya.

Untuk itu, ia berharap agar pengembang juga mentaati peraturan terkait program perumahan yang sudah ditetapkan. “Sudah ada Perda yang mengatur tentang IMB untuk pembangunan rumah di sini,” katanya.

Pameran Rumah Bersubsidi
“Antusiasme masyarakat dan pengembang di Banyuwangi untuk memperoleh informasi dan memasarkan rumah bersubsidi dalam Pameran Rumah Rakyat memang cukup tinggi. Mereka ingin kegiatan seperti ini bisa rutin dilaksanakan,” ujar koordinator stan Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Kementerian PUPR, Andika disela-sela Pameran Rumah Rakyat 2016.

Menurutnya, antusiasme masyarakat yang datang ke pameran, kebanyakan ingin mencari informasi mengenai di mana saja lokasi pembangunan rumah bersubsidi dan bagaimana caranya agar bisa mendapatkan rumah tersebut. Oleh karena itu, pihak PPDPP Kementerian PUPR juga menggandeng perbankan yang menyalurkan dana KPR FLPP untuk ikut serta mensosialisasikan cara memperoleh rumah bersubsidi dan syarat-syarat yang harus di penuhi dalam kegiatan pameran ini.
Ia menjelaskan, sebanyak 32 pengembang rumah bersubsidi, asosiasi pengembang dan perbankan penyalur KPR FLPP di wilayah Banyuwangi ikut meramaikan Pameran Rumah Rakyat 2016 yang dilaksanakan oleh PPDPP Kementerian PUPR dari 14 Oktober hingga 18 Oktober 2016.

“Ada 32 pengembang rumah bersubsidi dengan total 45 stan yang terdiri dari pengembang, perbankan dan unit organisasi di Kementerian PUPR, yang ikut berpartisipasi dalam meramaikan Pameran Rumah Rakyat 2016 di Banyuwangi,” ucapnya. (Ris/Kompu Penyediaan Perumahan)