Pengembangan Diri Pegawai PPDPP Dengan Self-Empoweroment For Managerial Competency

Dalam rangka peningkatan kapasitas pegawai pada tahun 2020, melalui Divisi Sumber Daya Manusia, PPDPP mengadakan pelatihan dalam rangka untuk mengembangkan diri pegawai dan akan dilibatkan dalam memahami diri sendiri sehingga dapat menjadi pribadi yang selalu berpikir positif dan dapat mempunyai dampak yang bagus dalam bekerja. Acara ini berlangsung pada tanggal 12-14 November 2020 di Royal Hotel Bogor. Acara ini dibuka langsung Atik Niene Nierani Iskandar selaku Direktur Umum dan Hukum, dan dihadiri oleh Kepala Divisi dan perwakilan pegawai dari masing-masing divisi. Dalam kegiatan ini, hadir sebagai Narasumber dari PT.Sinergi Tamansari yaitu Herman Pasha, Byarlina Giamitri dan Ria Dewi Eryani.

Dalam sambutannya, Atik Niene Nierani Iskandar menyampaikan bahwa diharapkan dari adanya pelatihan ini adalah meningkatkan pemecahan masalah dan memberdayakan (Empowering) potensi-potensi Pegawai menjadi keterampilan dalam mengelola tugas-tugasnya dan tindakan-tindakan dalam mempertajam atau mengefektifkan tugas-tugas manajemen.

Ada beberapa materi yang disampaikan dalam pelatihan ini, pada sesi pertama, tiap peserta dijelaskan bagaimana cara memahami posisi, peran dan tanggung jawab (konsep diri) dalam perannya sebagai individu maupun sebagai pegawai, sehingga setiap pegawai dapat mengembangkan dirinya untuk lebih meningkatkan kompetensi-kompetensinya sebagai pegawai PPDPP. Ria Dewi Eryani menjelaskan bahwa konsep diri adalah pandangan dan sikap individu terhadap diri sendiri. Pandangan diri terkait dengan dimensi fisik, karakteristik individual, dan motivasi diri. Pandangan diri tidak hanya meliputi kekuatan-kekuatan individual, tetapi juga kelemahan bahkan juga kegagalan dirinya.

Materi selanjutnya yang disampaikan selanjutnya adalah terkait dengan Pengelolaan Pelanggan (Pelayanan Prima) yang disampaikan oleh Herman Pasha.  Dalam materinya, dijelaskan bahwa pelayanan prima merupakan salah satu komponen penting di sebuah instansi pemerintah, diharapkan dengan adanya pemberian materi tersebut, para pegawai dapat mengaplikasikannya pada internal maupun eksternal di lingkungan PPDPP.