Penghargaan Bagi Pengembang dan Perbankan di Hapernas 2016

Masih dalam rangkaian peringatan Hari Perumahan Nasional (Hapernas) 2016, Kamis (25/8)  Kementerian pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menggelar seminar dengan tema “Percepatan Penyediaan Rumah sebagai Hunian Berkelanjutan Melalui Kemudahan Proses Perijinan”. Seminar tersebut diselenggarakan di Auditorium Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Seminar ini bertujuan untuk meningkatkan dialog antar pemangku kepentingan dan stakeholder terkait, sehingga penyediaan rumah sebagai hunian berkelanjutan dapat berjalan dengan baik dan berkontribusi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Hasil dari seminar ini diharapkan mampu mengindentifikasi permasalahan dan solusi proses percepatan perijinan yang efisian dan akuntabel guna percepatan penyediaan rumah.

Seminar nasional ini dibuka dengan keynote speech dari Sekjen Kementerian PUPR, Maurin Sitorus, yang kemudian dilanjutkan dengan diskusi panel yang dipimpin oleh Ramalis Sobandi sebagai moderator. Adapun paparan diskusi disampaikan oleh narasumber-narasumber yang terdiri dari pemerintah, bank pelaksana, dan pelaku bisnis yang diantaranya: Bupati Bantaeng; Kepala Badan Koordinasi Pelayanan Penanaman Modal Kota Surabaya; Direksi Bank BTN; CEO PT. Delta Group; dan Direktur Utama PT. Jaya Property.

Dalam sambutanya Maurin mengatakan bahwa Program Sejuta Rumah tidak akan berjalan dengan baik jika tidak ada partisipasi aktif dari mitra kerja seperti pengembang perumahan, perbankan, pemerintah daerah, kementerian terkait serta masyarakat. Untuk itu, pemerintah melalui Kementerian PUPR akan terus mendorong terwujudnya berbagai kemudahan khususnya dalam hal perizinan perumahan.

Menurutnya, pembangunan perumahan juga merupakan lokomotif perekonomian Indonesia karena banyak sekali industri yang terkait dengan program perumahan yakni sekitar 170 lebih industri.

Dalam rangkaian acaranya, seminar ini juga memberikan berbagai penghargaan kepada stakeholder terkait dukungan dan partisipasi dalam Program Satu Juta Rumah bagi para PNS dan rumah bagi MBR baik di daerah Barat maupun Timur, dan Pendamping Masyarakat Pembangunan Rumah Swadaya.

Bank Daerah yang mendukung pembiayaan perumahan bagi PNS:  BPD Papua,   BPD Kalimantan Tengah dan  BPD Nusa Tenggara Barat.  Selanjutnya Pelaku pembangunan yang mendukung penyediaan perumahan bagi MBR di wilayah barat, yaitu PT. Budi Langgeng Persada, PT. Padma Warna Artha dan PT. Arteo Ferdian Nahrum. Pelaku pembangunan yang mendukung penyediaan perumahan bagi MBR di wilayah timur yaitu PT. Bumi Mapanget Asri, Perumnas Cabang Kaltim dan PT. Mandiri Pratama Putra. Penghargaan terakhir untuk pendamping masyarakat pembangunan rumah swadaya diberikan kepada Iswan Pajar, Seken Fri dan Muttaqin.