Peran PPDPP Dalam Menyukseskan Program Sejuta Rumah

Televisi Republik Indonesia (TVRI) kembali mengundang Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) untuk hadir dalam dialog interaktif Semangat Pagi Indonesia yang ditayangkan Selasa (20/9) pagi pkl. 08.00 WIB.

Tema yang diusung adalah mengenai Peranan PPDPP dalam menyukseskan Program Sejuta Rumah yang menjadi salah satu program utama pemerintah periode ini. Pusat PPDPP menjadi narasumber utama untuk memberi informasi lebih lengkap mengenai perkembangan program tersebut dari segi penyaluran pembiayaan perumahan, atau yang lebih sering disebut program KPR Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).

Hadir dalam acara tersebut, Direktur Utama PPDPP, Budi Hartono sebagai narasumber tunggal yang dipandu oleh dua host. Melalui dialog yang berdurasi 15 menit Direktur Utama PPDPP menyampaikan bahwa angka backlog saat ini telah menurun, yang sebelumnya pada tahun 2010 berjumlah 13,5 juta, saat ini menurun menjadi 11,4 juta. Sehingga realisasi program Sejuta Rumah makin menunjukkan perkembangan.

Mendekati akhir tahun yang tinggal beberapa bulan mendatang, pemerintah terus berupaya menggenjot Program Sejuta Rumah agar dapat segera terealisasi sesuai dengan target. PPDPP yakin bahwa program ini dapat segera terwujud sesuai dengan harapan pemerintah, agar seluruh masyarakat Indonesia memiliki hunian yang layak. “Semua bersumber dari rumah, pendidikan hingga pengembangan karakter bangsa sangat dipengaruhi dari tempat yang kita huni” ujar Budi Hartono.

Berdasarkan kinerja capaian penyaluran dana FLPP yang dikelola oleh PPDPP tahun 2016 sampai dengan bulan Juli 2016 sejumlah 32.716 unit atau telah mencapai 34,11% dari target sejumlah 95.900 unit dan dengan nilai FLPP sebesar Rp 3,184 triliun atau mencapai 31,44% dari anggaran sebesar Rp10,127 triliun. Sedangkan secara total penyaluran dana FLPP dari tahun 2010 sampai dengan bulan Juli tahun 2016 adalah sebanyak 470.312 unit dengan nilai FLPP sebesar Rp 25,776 Triliun. (Sigit)