Perbankan Dorong Milenial Beli Rumah

Populasi Indonesia yang mulai didominasi oleh kaum milenial membuat sejumlah bank dan pengembang harus berpikir keras agar kaum usia muda itu akan menyisihkan penghasilannya untuk investasi dengan membeli rumah.

Relationship Manager Consumer Loan Bank Mandiri Reni Ayu Agustriana mengatakan bahwa hingga saat ini masih banyak milenial yang belum memikirkan untuk membeli hunian. “Kami punya misi untuk mendorong milenial supaya mau investasi rumah, meyakinkan mereka bahwa beli rumah itu merupakan investasi yang menguntungkan. Sayangnya, rata-rata kaum milenial sekarang takut melakukan kredit,” ujarnya dalam pelantikan pengurus Himpunan Pengembang Pemukiman dan Perumahan Rakyat (Himperra), Kamis (17/1).

Menurutnya, milenial lebih senang mengeluarkan uang untuk berjalan-jalan dan berwisata tanpa berpikir untuk melakukan investasi dan tidak mau beli rumah karena takut biayanya besar. Reni memaparkan bahwa hingga saat ini, meskipun secara populasi mendonasi, pembelian rumahnya tak signifikan. “Hal itu karena mereka menganggap harus mengeluarkan dana untuk down payment (DP) besar dan cicilan tinggi serta bunga besar,” lanjutnya. Reni memaparkan, bahwa saat ini Mandiri punya skema pembiayaan kredit pemilikan rumah (KPR) yang memungkinkan milenial untuk membayar DP 0% untuk kredit pertama dengan bunga 7% fix untuk tenor 5 tahun, dan bisa bekerja sama dengan berbagai pengembang.

Selain Mandiri, bank lain seperti BTN, BRI, dan BCA dan Bank-bank lainnya juga sudah membuat program serupa sejak beberapa bulan lalu. Reni menambahkan, apabila program-program pembiayaan property ini berjalan lancer, bisnis property ke depan pasti akan tetap bertumbuh dan aman.