Perkuat Keamanan Sistem Layanan Dengan ITSA dan Implementasi Digital Signing

Dalam rangka meningkatkan keamanan data dan informasi terhadap aplikasi SiKasep dan Sikumbang, melalui Divisi Teknologi Informasi Unit Kerja Direktur Operasi, Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) melakukan rapat koordinasi pelaksanaan Information and Technology Security Assesment (ITSA) bersama Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) di Hotel Aston, Sentul, Senin (24/8). Rapat koordinasi ini dibuka dan dipimpin langsung oleh Direktur Utama PPDPP, Arief Sabaruddin didampingi oleh Kepala Divisi Teknologi Informasi, Moch. Ihsan; Luwi Adi, Kepala Divisi Verifikasi dari unit kerja Direktur Layanan; Aisah Dewi selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) serta A. Purwo Hardjanto, Kepala Divisi Tatalaksana Keuangan dari unit kerja Direktur Keuangan.

Arief Sabaruddin menyampaikan bahwa faktor keamanan adalah upaya yang sangat penting, kegiatan yang akan kita laksanakan hari ini di lingkungan PPDPP adalah wujud nyata sebagai upaya meningkatkan keamanan sistem. Rinaldy selaku Kepala Sertifikasi Elektronik menyampaikan bahwa Sertifikat Elektronik digunakan untuk mengamankan data yang dikirimkan antara aplikasi PPDPP dengan Aplikasi Bank Pelaksana, agar tidak terjadi perubahan atau perbedaan data di PPDPP dengan data yang terdapat di Bank pelaksana, serta Sertifikat Elektronik digunakan untuk pengamanan data pada aplikasi SIKASEP, agar data tersebut terjamin keaslian, keutuhan dan nir-penyangkalan.

Manfaat Sistem Elektronik Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (e-FLPP) yang pertama untuk mempermudah proses permohonan dana KPR FLPP dari Bank Pelaksana, dari semula 7 (Tujuh) hari pelayanan menjadi hanya 3 (tiga) hari, kedua dengan menerapkan Sertifikat Elektronik dapat meningkatkan keamanan system elektronik e-FLPP, karena Sertifikat Elektronik menjamin keaslian, autentikasi, dan nir-penyangkalan dari data yang terdapat pada sistem elektronik e-FLPP dan yang ketiga adalah dengan percepatan pelayanan public PPDPP melalui e-FLPP akan meningkatkan efisiensi, efektifitas, transparasi dan akuntabilitas kinerja serta meingkatkan gairah property di Indonesia.