Perumnas Akan Bangun 30 Ribu Rumah untuk MBR

Perum Perumnas akan menggelontorkan dana sebesar Rp 3 triliun tahun ini, demikian diungkapkan perum Perumnas di kantor Kementerian BUMN. Dana tersebut akan dialokasikan untuk membangun 30 ribu unit rumah, diantaranya 10 ribu rumah tapak dan sisanya untuk rumah vertikal.

Rumah sebanyak 30 ribu itu diperuntukkan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang pembangunannya masih fokus di daerah jabodetabek. Alasannya dari riset pasar yang dilakukan pasar perumahan menyatakan bahwa kebutuhan rumah masih didominasi oleh kota-kota besar seperti jakarta.

Rencananya nanti, perumahan ini akan dibangun didekat rel kereta api, sehingga penghuninya bisa menggunakan kereta api sebagai alat angkutan. salah satu proyek yang akan dibangun adalah di daerah Parung Panjang, Bogor. Lokasi tersebut terintegrasi dengan kereta api.

Dari anggaran sebanyak Rp3 triliun maka rata-rata harga rumah yang akan dibangun Perumnas sebesar Rp 100 juta. Sebagian rumah yang akan dijual oleh Perum Perumnas ini rencananya juga mendapatkan KPR FLPP (kredit Pemilikan Rumah Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan).