PP Paket Kebijakan Ekonomi XIII Disiapkan Dalam 10 Hari

Melalui Direktur Jenderal Pembiayaan Perumahan, Maurin Sitorus dalam Seminar Hari Perumahan 2016 mengatakan bahwa saat ini pemerintah dalam hal Kementerian Perekonomian sedang menyiapkan peraturan pemerintah (PP) untuk pedoman pelaksanaan Paket Kebijakan Ekonomi XIII yang sudah dikeluarkan pemerintah (24/8) lalu.

Maurin Sitorus menyampaikan bahwa PP ini akan dikeluarkan dalam waktu 10 hari setelah kebijakan ini dikeluarkan. Selanjutnya akan dibentuk tim yang akan mengawasi pelaksanaan dari kebijakan ini.

Kunci sukses dari kebijakan ini tak terlepas dari pemerintah daerah. Untuk itu sosialisasi dan koordinasi dari pusat ke daerah sangat dibutuhkan agar kebijakan ini sampai ke daerah. Sanksi bagi daerah yang tidak mendukung kebijakan ini diharapkan pengembang bisa turut diadakan agar pelaksanaan kebijakan ini lebih terjamin.

Maurin sendiri berpandangan, jika PP sudah keluar maka semua peraturan menteri (permen) atau peraturan daerah yang tidak sejalan dengan PP tersebut dengan sendirinya akan gugur dan tidak berlaku lagi karena kedudukan PP yang lebih kuat. Selain itu PP tersebut juga akan diikuti oleh permen sesuai dengan kewenangan, seperti terkait dengan analisis mengenai dampak lingkungan lalu lintas di Kementerian Perhubungan atau terkait pertanahan di Kementerian Agraria dan Tata Ruang.