PPDPP Adakan Orientasi Pegawai Guna Tingkatkan Kapasitas SDM

Budi Hartono, Direktur Utama Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) memberikan arahan dan sekaligus membuka acara “Orientasi Pegawai PPDPP” di depan 29 orang pegawai baru PPDPP yang mengikuti masa orientasi Rabu (30/3) di Hotel Falatehan, Jakarta.

Dengan mengangkat tema “Melalui Orientasi Pegawai Kita Tingkatkan Kapasitas SDM PPDPP”, Budi berharap para pegawai baru bisa memanfaatkan momen yang ada untuk menambah pengetahuan, kemampuan dalam memahami tugas dan fungsi yang ada PPDPP. “Dengan adanya orientasi ini diharapkan bisa terlahir insan PUPR yang berkualitas. Arahnya ingin pegawai yang sudah masuk PPDPP berkualitas, siap mensukseskan program pemerintah sesuai dengan tugas yang telah didelegasikan oleh pimpinan,”ujarnya menjelaskan.

Budi  juga menegaskan agar semua pegawai baru yang sudah lulus seleksi dan dinyatakan sebagai pegawai PPDPP memahami semua tugas dan fungsi dari semua direktorat yang ada, yaitu Direktorat Keuangan, Direktorat Layanan, Direktorat Operasi dan Direktorat Umum dan Hukum agar bisa saling mendukung dengan irama yang sama sehingga “kapal” PPDPP dapat berjalan dengan cepat dan sampai ke tujuan yang diharapkan.

Dalam paparannya Direktur Utama PPDPP ini menyatakan bahwa pegawai yang masuk PPDPP selain melalui masa orientasi juga masuk melalui masa calon pegawai selama 1 tahun. Sehingga bisa saling mengukur antara kedua belah pihak. Pegawai bisa melihat kemampuan diri sehingga ada ruang untuk evaluasi yang berujung pada sikap untuk mengambil keputusan. Sementara dari sisi PPDPP juga bisa melihat kemampuan, kecocokan dan perkembangan si pegawai,” paparnya.

Orientasi yang berlangsung selama dua hari tersebut diisi dengan paparan dari semua direktorat di lingkungan PPDPP. Tugas dan Fungsi Direktorat Layanan disampaikan oleh Direktur Layanan, DT Saraswat, sementara dari sisi keuangan disampaikan oleh Direktur Keuangan, Dzikran Kurniawan, dari direktorat operasi dipaparkan oleh Direktur Operasi, Nostra Tarigan dan diakhiri oleh Direktur Umum dan Hukum, Maharani, yang menjelaskan tentang tugas dan fungsi direktoratnya. Selain narasumber internal, di masa orientasi ini juga didatangkan narasumber dari lembaga lain di lingkungan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat seperti Suyatno, CES dari Widyaiswara serta Chitra Mardi dari Kepala Pusat Penilaian Kompetensi Pemantauan Kinerja – BPSDM.

Di hari terakhir orientasi, Direksi PPDPP menyerahkan SK pengangkatan pegawai serta Kartu Identitas Pegawai di lingkungan PPDPP.