PPDPP Adakan Sosialisasi Sistem Remunerasi

Bertempat di Hotel Grand Zuri BSD City, Tangerang Selatan Banten, acara yang bertajuk “Sosialisasi dan Evaluasi Sistem Remunerasi bagi Karyawan Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan  (PPDPP) dilaksanakan sehari penuh Selasa  (19/4) lalu.  “Saat ini dirasa perlu evaluasi remunerasi, karena job desk sudah berubah, tugas dan tanggung jawab juga sudah berkembang,” ucap Budi Hartono, Direktur Utama PPDPP pada pembukaan kegiatan ini.

Direktorat Keuangan selaku penggagas kegiatan, pada kesempatan  ini mengundang Hay Group dan BPDPKS (Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit) sebagai narasaumber. Hay Group merupakan Konsultan Manajemen Global  yang membantu organisasi – organisasi dalam menjalankan strateginya menjadi realita. Dalam paparannya Hay Group menyatakan perlunya job analysis, job evaluation dalam merumuskan remunerasi yang tepat bagi seluruh karyawan.  Hal ini diperlukan untuk memastikan apakah orang terbaik sudah berada di jabatan yang tepat, bagaimana agar para pemimpin dapat berkinerja dengan baik dan menentukan nilai atau poin yang nantinya jadi perhitungan remunerasi bagi karyawan secara adil. Selain hal – hal diatas, menurut Pramesti perwakilan dari Hay Group “Akuntabilitas, problem solving dan Know – How merupakan alat yang digunakan untuk membobot pekerjaan,” tutup dia.

Direktur Keuangan PPDPP, Dzikran Kurniawan  menilai, BPDPKS merupakan kerabat dari PPDPP yang paling mirip untuk dicontoh dalam pelaksanaan remunerasi bagi karyawan. Ini dikarenakan BPDPKS merupakan Badan Layanan Umum yang juga mengelola dana dan menyalurkan ke khalayak dalam hal ini, petani sawit. “Seberapa penting organisasi, nilai strategis dan kenapa kita harus ada bisa menjadi alasan untuk mengajukan remunerasi,” ujar Ari S perwakilan dari BPDPKS.

Untuk remunerasi di PPDPP pekerjaan rumah yang paling besar adalah melakukan analisis beban kerja terhadap semua jabatan di PPDPP. Setelah pengelompokkan itu didapatkan, analisa baru dijalankan dan kemudian di evaluasi. Sekedar informasi dari perwakilan BPDPKS, dalam setahun minimal 1.504 jam kerja  harus penuhi untuk dianalisa jabatan dan beban kerjanya. “Jadi bersiaplah dengan tugas pokok dan fungsi kerja kita masing – masing jika ingin mendapatkan remunerasi yang kita inginkan. Hal yang paling mudah adalah, mulai dengan mengisi tugas harian Anda dan jangan tinggalkan tugas harian Anda,”ujarnya dengan tegas. (Boma)