PPDPP Dampingi DJKN Monitoring dan Evaluasi Perumahan FLPP

Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Kementerian PUPR mendampingi Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan pada kegiatan Monitoring dan Evaluasi Kredit Pemilikan Rumah Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (KPR FLPP). Kegiatan ini bertujuan melakukan evaluasi dan pemantauan perkembangan pembangunan rumah FLPP di berbagai penjuru daerah di Indonesia, dalam rangka menyukseskan program sejuta rumah. PPDPP bersama DJKN telah mengunjungi beberapa daerah dalam kegiatan ini, yaitu: Pekanbaru, Palembang, Karawang, Purwakarta, Yogyakarta, dan Bantul.

Pada tanggal 14 – 16 September 2016, PPDPP bersama DJKN berkesempatan mengunjungi KPR FLPP di Kota Manado, Sulawesi Utara. Rangkaian kegiatan tersebut diawali dengan forum bersama Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, Pemerintah Kota Manado, DPD Real Estate Indonesia Manado bersama para pengembang FLPP di Manado, dan Kepala Cabang Bank BTN selaku Bank Pelaksana. Dalam forum tersebut ada pemaparan tentang penyaluran FLPP di Kota Manado yang disampaikan oleh Bank BTN dan dilanjutkan dengan pemaparan Monitoring dan Evaluasi Penyaluran Dana Bergulir FLPP oleh DJKN Kemenkeu.

Pemerintah Kota Manado menyambut baik kegiatan monitoring dan evaluasi yang dilaksanakan oleh PPDPP dengan DJKN di Kota Manado, sehingga diharapkan dapat mendorong pemerintah daerah dalam menyukseskan program sejuta rumah di daerahnya. DPP REI menyampaikan bahwa Paket Kebijakan Ekonomi XIII sudah terasa di daerah Manado, sehingga pengembang pun dapat lebih bersemangat dalam mengembangkan lahan hunian.

Dalam kesempatan yang sama, DPD REI maupun pemerintah daerah setempat berharap,forum yang terselenggara bersama pemerintah pusat ini dapat menampung aspirasi maupun keluhan terhadap kendala di lapangan dan dapat ditindaklanjuti. Para developer lebih menyoroti perihal PSU (power supply unit) yang diharap dapat lebih menunjang pembangunan pemukiman di Kota Manado.(Sigit)