PPDPP Lakukan Perjanjian Kerjasama dengan 3 BPD di Bali

Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) melakukan perjanjian kerjasama Operasional dengan Bank Pembangunan Daerah (BPD) Bali, BPD Sulteng dan BPD Kaltim, Kamis (18/5) di Sanur Paradize Palza Hotel Bali tentang penyaluran Dana Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) kepada Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Penandatangan kesepakatan itu disaksikan oleh Direktur Jenderal Pembiayaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Lana Winayanti.

Dalam sambutan selamat datangnya, Direktur Utama BPD Bali, I Made Sudja menyampaikan bahwa harga rumah merupakan kepentingan utama bagi masyarakat. Sementara setiap tahun harga rumah selalu mengalami kenaikan dan hal ini tentunya memberatkan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). “Kehadiran pemerintah melalui program sejuta rumah sangat membantu dengan program fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP). Dengan kerjasama ini kami berharap bisa memberi manfaat bagi MBR. Terima kasih kepada PPDPP dan kami sangat berharap pemda bisa memberikan dukungannya,” ungkapnya.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Pembiayaan Perumahan, Lana Winayanti dalam arahannya mengatakan bahwa pemerintah berkomitmen untuk menjamin setiap warga negara untuk memiliki rumah yang layak huni. Bentuk komitmen ini terlihat dari berbagai program yang diluncurkan. Mulai dari KPR Sejahtera FLPP, KPR Subsidi Selisih Bunga (SSB) dan BP2BT (Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Tabungan).

Tahun 2017 ini, pemerintah telah meningkatkan bantuannya untuk MBR memiliki rumah dengan dana yang semakin meningkat sebesar Rp15,6 triliun. Untuk FLPP sebesar Rp9,7 triliun untuk 120 ribu unit rumah, SSB sebanyak Rp3,7 triliun untuk 225 ribu unit rumah serta Bantuan Uang Muka (BUM) sebesar Rp2,2 triliun.

“Harapannya kerja sama ini dapat berjalan lancar, bermanfaat bagi MBR dan mampu mengurangi angka backlog perumahan. Diharapkan pemerintah pusat, daerah, bank dan pengembang mampu bersinergi untuk memastikan ketepatan sasaran dan pemanfaatan rumah secara maksimal,” ujarnya tegas.