PPDPP Lakukan User Acceptance Testing Platform Database Internal

Rabu, 2 Agustus 2017, bertempat di Hotel Falatehan, Jakarta Selatan. Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP), Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Divisi Database bersama dengan Divisi Teknologi Informasi, Unit Kerja Direktur Operasi melaksanakan UAT (User Acceptance Testing) untuk Platform Database Internal PPDPP. Platform Database Internal PPDPP merupakan embrio Data Center PPDPP yang akan difungsikan sebagai portal penyimpanan dan manajemen data dan files digital yang bersifat final di Internal PPDPP. Pelaksanaan UAT Platform Database Internal PPDPP dimaksudkan untuk menguji apakah sistem ini dapat diterima oleh User yang akan mengoperasikan sistem tersebut. UAT dilakukan untuk memastikan sistem, yang mencakup pages, fitur, tab, dan semua fasilitas di dalam sistem dapat digunakan dengan mudah, jelas dan sesuai kebutuhan.

 

Acara ini dihadiri oleh Afif dan Sesha dari Solusinesia Team selaku Tenaga Ahli Individual Divisi Database yang membantu melakukan development platform database internal PPDPP dan Ridwan Mulyadi selaku Praktisi Teknologi Informasi yang menjadi penguji platform database internal PPDPP. Pelaksanaan UAT dikoordinir oleh Muhammad Nauval, dimoderatori oleh Fachri dan dihadiri oleh Jadima, Muji Prasetyo Iryanto, dan Astari Karamina dari Divisi Database, serta dihadiri oleh Divisi Teknologi Informasi yaitu, Fariz Akyas, dan Muhammad Fajar Fiqi.

 

Pelaksanaan UAT ini membahas mengenai setiap items dalam platform Data Center antara lain Login Page, Upper Bar,Side Bar, Footer, Homepage, Tab Manajemen Data, Manajemen User, Profil dan Logout. Dalam pelaksanaan UAT ini, para Users menyatakan bahwa fungsi dasar Platform Database Internal PPDPP telah dapat digunakan untuk menyimpan dan mengelola data dan files final PPDPP. Dalam rangka meningkatkan kemudahan bagi pengguna, masih terdapat beberapa item yang perlu diperbaiki antara lain Penyempurnaan Identitas Profil, Penataan Letak Matriks Privilege dapat disesuaikan dalam tab profil, Penambahan Waktu Upload Dokumen dan Penambahan Fungsi Sort untuk memudahkan dalam pencarian data. Selain itu, Klasifikasi Dokumen yang Sangat Rahasia bisa dilakukan enkripsi untuk menjamin kerahasiaan data tersebut hanya dapat dlunduh, dilihat, diedit maupun di hapus oleh pihak terkait.

 

Berdasarkan UAT yang telah dilaksanakan hari ini, diharapkan Data Center PPDPP sudah dapat mulai digunakan pada akhir Agustus 2017 dan jika semuanya berjalan dengan lancar, maka bisa segera di launching. Diharapkan Data Center PPDPP dapat menunjang memperlancar proses pekerjaan PPDPP, sehingga pengelolaan data dan files digital menjadi lebih mudah, terkendali, aman, cepat, lebih profesional dan dapat meningkatkan kinerja PPDPP untuk melaksanakan tugasnya dalam mendukung kinerja Kementrian PUPR.