Jadikan MBR Sebagai Subyek, PPDPP Luncurkan Aplikasi SiKasep

Pada kesempatan yang sama di penyelenggaraan Penandatanganan PKO FLPP TA 2020, PPDPP meluncurkan Aplikasi Sistem Informasi KPR Subsidi Perumahan (SiKasep). Keberadaan SiKasep ini dalam rangka meningkatkan kinerja PPDPP dalam menyalurkan FLPP, yang lebih cepat, tepat, dan akuntabel, sehingga dapat mempermudah masyarakat terutama Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) dalam mencari dan menentukan rumah subsidi sesuai yang diharapkannya. Aplikasi berbentuk mobile ini dapat diunduh secara gratis melalui Playstore.

SiKasep merupakan inovasi yang dilakukan oleh BLU PPDPP dalam membentuk konsep Big Data terkait dengan informasi backlog perumahan yang lebih akurat dan update serta data dan informasi terkait dengan ketersediaan rumah MBR.

SiKasep dibentuk berdasarkan konsep supply (ketersediaan) dan demand (kebutuhan).  Melalui SiKasep, pemerintah dapat mengetahui kebutuhan ketersediaan hunian langsung dari masyarakat dan dapat mendorong para pengembang bersama dengan bank pelaksana untuk memenuhi ketersediaan hunian sesuai yang dibutuhkan masyarakat.

Melalui SiKasep pengguna secara online terhubung antara pemerintah, bank pelaksana, dan pengembang dengan menggunakan sistem host to host. Sedangkan untuk proses verifikasi pengguna, SiKasep terhubung langsung ke Kementerian Dalam Negeri yang sekaligus telah terkoneksi dengan data FLPP yang dikelola oleh BLU PPDPP dan Tol Data Subsidi Pemerintah. Aplikasi ini telah dijamin keamanannya karena telah disertifikasi oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Pemanfaatan aplikasi SiKasep ini berbasis pada koordinat, sehingga pengguna dapat mengajukan permohonan KPR subsidi seperti KPR Sejahtera FLPP atau lainnya kepada Bank yang diinginkan. Selain itu, pengguna juga dapat langsung memeriksa status proses pengajuan KPR subsidinya.

Kementerian PUPR terus bergerak memanfaatkan teknologi dengan mulai membiasakan diri terhadap arus perkembangan teknologi digital. Keberadaan SiKasep diharapkan mampu menjawab tuntutan era generasi milenial dalam pelaksanaan program pembangunan infrastruktur yang memanfaatkan inovasi di bidang teknologi dan informasi.

Dengan telah diluncurkannya aplikasi SiKasep, pemerintah berharap ke depannya MBR dapat menjadi subjek penyediaan perumahan serta  pengembang yang telah teregistrasi mampu berkontribsi dalam sistem ini dengan memasok data perumahannya secara lengkap, baik yang sudah tersedia, sedang dibangun, maupun rencana pembangunan di masa yang akan datang  Dikarenakan saat ini diperkirakan masih terdapat 81 juta jiwa generasi milenial masih belum memiliki rumah dan dapat menjadi pasar potensial perumahan bagi para pengembang,

Melalui SiKasep, pemerintah dapat memastikan bahwa setiap rumah subsidi yang dibangun harus memenuhi ketentuan/kaidah-kaidah teknis bangunan dan memenuhi persyaratan kelayakan hunian rumah yang meliputi keselamatan, kesehatan, kenyamanan, dan kemudahan.