PPDPP Mulai Lakukan Seleksi Profiling Tenaga Pemantauan Tahun Anggaran 2021

Jakarta (24/3) – Sebagai  Badan Layanan Umum (BLU) di bawah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) bertugas untuk mengelola dan menyalurkan dana Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

Sesuai dengan ketentuan yang berlaku dalam menjalankan fungsi pengendalian pelaksanaan kredit/pembiayaan pemilikan rumah subsidi, PPDPP juga harus memastikan bahwa rumah sejahtera yang telah terjual harus dihuni oleh masyarakat paling lambat 1 tahun setelah serah terima rumah dilakukan. Hal ini untuk memastikan bahwa penerima program KPR FLPP tersebut adalah MBR yang layak mendapatkan program bantuan rumah subsidi dari Pemerintah.

Di tahun 2021 ini, PPDPP menargetkan sebanyak 53.500 unit rumah untuk dapat dipantau. Guna menjalankan fungsi pemantauan tersebut, PPDPP melalui Divisi Pemantauan dan Evaluasi dan Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) membuka rekruitmen sejak tanggal 5 – 11 Maret 2021 melalui kanal media sosial.  Pada tahap awal, PPDPP telah melakukan seleksi adminstrasi dengan persyaratan berupa kelengkapan dokumen pendaftaran, Surat Lamaran, Surat Pernyataan, Ijazah pendidikan, Curiculum Vitae, tanda pengenal, bukti pengalaman kerja, dan Sim C bagi petugas lapangan.

Pada tahap seleksi administrasi tersebut, PPDPP telah menyeleksinya menjadi 108 kandidat yang untuk selanjutnya masuk tahap seleksi profiling. Tahapan seleksi profiling ini dilakukan untuk menentukan tenaga pemantauan yang nantinya terdiri dari tenaga lapangan, tenaga verifikasi, dan tenaga Administrasi.  Selanjutnya PPDPP akan menentukan 31 kandidat terbaik dengan sistem rangking yang akan mengisi posisi tenaga pemantauan yang terbagi menjadi 24 orang untuk petugas lapangan, 5 orang untuk petugas verifikasi dan 2 orang untuk petugas administrasi.

Tahapan profiling ini dilaksanakan di Hotel 101 Jakarta mulai hari Rabu (24/3) hingga Jum’at (26/3) mendatang. Adapun kegiatan profiling ini sendiri dilakukan dengan dua metode, yaitu secara daring bagi calon petugas yang berada di luar daerah, dan tatap muka bagi calon petugas yang berada di Jakarta dan sekitarnya.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Direktur Umum dan Hukum PPDPP, Atik Niene Nierani Iskandar yang didampingi oleh Kepala Divisi SDM, Endang Sumarmi dan Plt. Kepala Divisi Pemantauan dan Evaluasi, Fachri. Dalam sambutannya, Niene berharap kegiatan ini bisa dilakukan oleh seluruh peserta profiling dengan sebaik-baiknya agar dapat menghasilkan calon kandidat yang terbaik. “Saya berharap semoga calon tenaga pemantauan yang akan melakukan profiling dapat mendapatkan hasil yang sebaik-baiknya, mau diterima atau tidak harus tetap semangat”. Tutup Niene dalam sambutannya.