PPDPP Perkuat SOP AP Internal

Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) mulai dari Kamis – Jumat (10-11/9) mengadakan Bimbingan Teknis Penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP) Administrasi Pemerintah (AP) di Hotel Santika Premiera ICE BSD, Tangerang. Acara ini dibuka oleh Direktur Umum dan Hukum, didampingi oleh Kepala Divisi SDM PPDPP, Kepala Divisi Hukum PPDPP serta Kepala SPI PPDPP.

Direktur Umum dan Hukum, Atik Niene Nierani Iskandar pada sambutan pembukanya menyampaikan bahwa SOP AP sangat penting dalam penyelenggaraan sebuah kegiatan di sebuah lembaga pemerintahan. “SOP mencerminkan kegiatan tertentu, baik bersifat pelayanan, rutin dan penugasan dari tugas dan fungsi yang dimiliki. Sehingga setiap Divisi harus menyiapkan dengan baik. Sehingga SOP Ap PPDPP harus diperkuat,” ujarnya menjelaskan.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Sub Bidang Evaluasi Kebijakan Kelembagaan Kementerian PAN RB, M. Iqbal Budianto menyampaikan bahwa SOP itu merupakan pelindung bagi pelaksana kegiatan. “Jika ada permasalahan di kemudian hari maka yang diliat pertama kali adalah SOP dari kegiatan yang bersangkutan. SOP ini merupakan petunjuk bagi setiap kegiatan,¬†yang menjelaskan cara yang diharapkan petugas dalam menyelenggarakan pekerjaan. Dan ini perlu dievaluasi setiap enam bulan sekali,” ujar Iqbal menjelaskan dengan gamblang.

Dalam kegiatan yang berlangsung juga direviu semua SOP yang sudah dimiliki oleh semua unit kerja di lingkungan PPDPP. Kegiatan ini diikuti oleh semua perwakilan dari unit kerja di lingkungan PPDPP.