Bimtek Analisis Data dan “R” Programming untuk Analisis Data MBR

Jakarta, 1 Maret 2018 – PPDPP, Unit Kerja Direktur Operasi melalui Divisi Database melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) “R” Programming untuk Analisis Data dalam mengelola Data Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) FLPP. Bimtek tersebut difasilitasi oleh NF Computer (PT. Nurul Fikri Cipta Inovasi) dan dimoderatori oleh Koordinator Divisi Database, Muhammad Nauval Al Ammari. Bimtek ini dihadiri oleh Divisi Database, Perwakilan dari Divisi Teknologi Informasi serta Perwakilan dari Divisi Pemantauan dan Evaluasi.

Bimtek Analisis Data dan Penggunaan “R” Programming diselenggarakan dalam rangka pelaksanaan paket kegiatan Pengelolaan Data MBR FLPP Tahun 2018. Bimtek ini dirancang khusus sesuai dengan kebutuhan perumusan kriteria MBR FLPP dan perhitungan jumlah rumah tangga potensi MBR FLPP. Pemilihan Aplikasi “R” dalam Pengelolaan Data MBR FLPP dilakukan dengan pertimbangan Aplikasi “R” merupakan Aplikasi yang berbasis open source dan dapat menggantikan fungsi dari aplikasi SPSS yang sebelumnya telah digunakan dalam Pengembangan Data MBR FLPP pada Tahun 2016 dan 2017.

Penggunaan Aplikasi “R” dimaksudkan untuk meningkatkan efisiensi pengolahan data yang cukup besar. Materi yang disampaikan dalam Bimtek ini mencakup antara lain Pendahuluan Software R, Objek, Mode dan Atribut, Faktor Berurut dan Tidak Berurut,  Array dan Matriks, Dataframe, Manipulasi dan Membaca Data, fungsi dalam R Programming, Prosedur Graphical dan Analisis Statistik di “R”.  Beberapa keunggulan penggunaan software “R” adalah terdapat banyak komunitas yang membangun package tambahan untuk mengembangkan software “R”. Selain itu, dalam mengolah data, software “R” dapat dikoneksikan dengan Database, seperti PostgreSQL serta dapat mengimport data dari Software lain seperti Excel, Text File, SAS, STATA.

Dalam pertemuan tersebut, turut hadir Ahli Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015, Sahroni yang menjadi Observer untuk mereviu Implementasi Klausul 7.2 ISO 9001:2015 mengenai Pengembangan Kompetensi Teknis, khusus di Unit Kerja Direktur Operasi PPDPP. Diharapkan setelah mengikuti Bimtek ini, Divisi Database bisa semakin professional dan handal dalam mengelola data dalam jumlah besar (Big Data), terutama Data Potensi MBR FLPP.