PPDPP Selenggarakan Pelatihan Pengayaan Kompetensi Penerapan Asesmen dan Profiling dalam Seleksi dan Rekrutmen Pegawai

Pelatihan Penerapan Asesmen dan Profiling dalam Seleksi dan Rekrutmen Pegawai yang diselenggarakan pada Hari Selasa-Kamis tanggal 4 s.d 6 Februari 2020 yang bertempat di Ruang Bromo Lantai 2 Kantor PPDPP. Pelatihan dibuka oleh Muhammad Nauval Al-Ammari selaku Kepala Divisi SDM. Pelatihan tersebut di ikuti oleh seluruh Pegawai di Divisi SDM dan Perwakilan Pegawai dari setiap Unit Kerja di BLU PPDPP. PPDPP bekerjasama dengan FirstAsia Consultant yang merupakan sebuah perusahan yang memberikan jasa pelayanan terkait kebutuhan pelatihan dan asesmen center. Tujuan dilaksanakan Pelatihan tersebut untuk meningkatkan pemahaman tentang penerapan asesmen dan profiling dalam seleksi dan rekrutmen Pegawai di lingkungan BLU PPDPP.

Nining Kristiana selaku Direktur FirstAsia Consultant merupakan salah satu trainer yang menjelaskan materi pengayaan kompetensi rekrutmen dan seleksi. Kompetensi yang diperlukan oleh Rekruiter yaitu memiliki keahlian dalam mencari SDM yang sesuai dengan kebutuhan organisasi dan keinginan User/Pimpinan, standar kompetensi, Soft Kompetensi maupun Hard Kompetensi. Selain itu kemampuan yang harus di miliki lainnya adalah pemahaman dan kemampuan dalam proses wawancara. Pemahaman dan Kemampuan dalam proses wawancara yang harus dimiliki yaitu bagaimana memulai dengan hubungan interpersonal, kemudian membuka dengan menjelaskan perkenalan dan tujuan, selanjutnya tahapan inti yaitu memberikan pertanyaan dan mendengarkan jawaban, dan proses terakhir yaitu mengakhiri proses wawancara dengan baik. Dalam memberikan pertanyaan wawancara perlu menguasai metode STAR (Situasi, Tugas, Aksi dan Hasil).

Materi selanjutkan yang dijelaskan adalah penggunaan Tools Psikotest standart dalam rekrutmen. Hasil tools psikotest tersebut bersifat valid dan reliable, karena rangkaian psikotest terdiri dari tes Inteligensi yang mengukur kecerdasan yang relatif bebas dari pengaruh Bahasa, budaya, dan tingkat pendidikan. Tes selanjutnya adalah PAPI KOSTICK mengukur preferensi seseorang dalam konteks pekerjaan (sikap kerja). Dan kemudian tes DISC yang hasilnya dapat mengetahui karakter pribadi, mengetahui kecenderungan perilaku sosial, mengetahui kelebihan dan kekurangan dari karakter Dominance, influencing, steady, compliance. Hasil wawancara akan digabungkan dengan hasil Psikotest dan selanjutnya akan dijadikan laporan yang berupa rekomendasi yang disampaikan kepada User/Pimpinan agar menjadi pertimbangan dalam rekrutmen dan/atau seleksi Pegawai.

Diharapkan dengan adanya pelatihan ini, akan meningkatkan kompetensi Pegawai di Divisi SDM khusunya, agar bisa lebih profesional dalam pelaksanaan tugas-tugas terkait manajemen SDM, khususnya mengenai Asesmen, Profiling, Rekrutmen dan Seleksi Pegawai.