PPDPP Tentukan Juara Lomba Cari Rumah Tanpa Keluar Rumah Dengan SiKasep

Jakarta (21/7) – Lomba Cari Rumah Tanpa Keluar Rumah Dengan SiKasep yang diselenggarakan oleh PPDPP PUPR akhirnya masuk pada tahap final penjurian. Setelah melalui berbagai tahapan seleksi yang ketat, PPDPP bersama dengan Tim Dibalik Lensa selaku mitra penyelenggara melakukan seleksi akhir untuk menentukan juara lomba, yang terdiri dari Juara I, II, III dan Juara Harapan I, II, III.

Seleksi yang dilakukan di area kantor Metro TV ini terbagi menjadi 2 kategori, yaitu Lomba Penulisan dan Lomba Videogram. Adapun juri yang terlibat dalam seleksi ini terdiri dari tiga unsur, pihak Direksi PPDPP, Praktisi penulisan maupun film, dan Pimpinan dari Media Indonesia.

Dari Kategori Penulisan, juri yang terlibat antara lain: Usman Kansong, Direktur Pemberitaan Media Indonesia; Hery Trianto, Direktor Bisnis Indonesia; dan Arief Sabaruddin, Direktur Utama PPDPP yang juga didampingi Atik Niene Nierani Iskandar, Direktur Umum dan Hukum PPDPP.

Sedangkan dari Kategori Videogram, juri yang terlibat antara lain: Aryo Danusiri, Antropolog Film; Hariyanto, Kepala Divisi Artistik & Foto Media Indonesia; dan Arief Sabaruddin, Direktur Utama PPDPP yang juga didampingi Atik Niene Nierani Iskandar, Direktur Umum dan Hukum PPDPP.

Usai menutup penerimaan karya lomba Cari Rumah Tanpa Keluar Rumah Dengan SiKasep, dalam kurun waktu 2 bulan PPDPP setidaknya menerima karya tulis setidaknya 129 karya dan karya videogram sebanyak 93 buah, yang kemudian diseleksi pada penentuan akhir menjadi sebanyak 30 karya pada videogram dan 25 karya pada karya tulis.

Arief Sabaruddin sampaikan dalam tahap seleksi awal tim kurator mempertimbangkan berbagai unsur penilaian penting untuk lolos, seperti konten atau pesan yang disampaikan harus sesuai tema, gaya penulisan dan diksi yang digunakan untuk penulisan, dan kualitas tayangan pada videogram.

“Banyak karya bagus yang kami terima, kami mengapresiasikan kontribusi dari masyarakat yang ikut serta dalam lomba tersebut. Ini dapat dibuktikan adanya pertimbangan yang ketat dari kami tim juri ketika berdiskusi menentukan juaranya” sambut Arief Sabaruddin.

Pelaksanaan lomba ini juga diapresiasi oleh Usman Kansong selaku penulis senior ketika melakukan penjurian karya tulis “Sangat bagus dalam menjaring kemampuan masyarakat terhadap aplikasi pembiayaan perumahan. Mendidik mereka untuk mencari tahu, membaca dan menuangkannya dalam tulisan” ujar Usman.

Senada dengan juri penulisan, Aryo Danusiri selaku antropolog film juga sampaikan bahwa karya yang dikirim tersebut dapat menjaring potensi-potensi dari masyakarat pada golongan manapun untuk menghasilkan karya yang bisa dikompetisikan “Lomba ini mampu membuat masyarakat berpikir kreatif dan mencerna aplikasi pembiayaan perumahan siKasep, dan menuangkannya dalam karya sesuai dg pencarian mereka terhadap aplikasi ini” imbuh Aryo.

PPDPP berencana mengumumkan juara lomba Cari Rumah Tanpa Keluar Rumah Dengan SiKasep akan disampaikan pada rangkaian acara Hari Perumahan Nasional Tahun 2020 yang akan diselenggarakan pada Bulan Agustus 2020 mendatang. Jadi bagi masyarakat yang telah berperan serta dalam lomba tersebut, semoga menjadi salah satu juaranya.