PPID Pelaksana Diminta Profesional Dalam Memberikan Pelayanan

Sebagai upaya peningkatan kualitas pengelolaan dan pelayanan informasi publik kepada masyarakat sesuai dengan kaidah yang tertuang dalam UU No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) mengikuti workshop yang dilaksanakan oleh Biro Komunikasi Publik Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Workshop ini berlangsung selama tiga hari, mulai dari 12 – 14 Juli 2017 di Batam.

Acara ini dibuka oleh Staf Ahli Mentri Bidang Sosial Budaya dan Peran Masyarakat, Baby Setiawati Dipokusumo yang juga merupakan Pembina Utama PPID. Dalam arahannya, Baby mengemukakan pentingnya peranan dari PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi) pelaksana dalam memberikan informasi kepada masyarakat.

“Kebutuhan informasi adalah hak masyarakat. Untuk itu PPID pelaksana harus memiliki kemampuan untuk bisa memberikan pelayanan dalam rangka memberikan informasi kepada masyarakat. Makanya seorang PPID Pelaksana harus memberikan pelayanan yang profesional” ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Bagian Komunikasi Publik, Joko Karsono juga mengungkapkan bahwa saat Kementerian PUPR telah memiliki Keputusan Menteri (Kepmen) No. 450 tahun 2017 tentang daftar informasi yang wajib diberikan kepada masyarakat dan juga Kepmen No. 451 tahun 2017 tentang daftar informasi yang dikecualikan.

Workshop ini diikuti oleh 50 orang peserta yang mewakili PPID Pelaksana dari seluruh unit kerja di Kementerian PUPR.