Profilling Calon Petugas Pemantauan Rumah Sejahtera FLPP

Dalam rangka Pelaksanaan Pemantauan dan Evaluasi Penyaluran Dana FLPP Tahun 2020, PPDPP melalui Divisi Pemantauan dan Evaluasi bersama dengan Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) menyelenggarakan Kegiatan Profilling Calon Petugas Pemantauan Rumah Sejahtera FLPP untuk kebutuhan Divisi Pemantauan dan Evaluasi PPDPP tahun 2020. Kegiatan ini diselenggarakan pada tanggal 23-24 Juli 2020 yang bertempat di Hotel Veranda, Ruang Mahogany, Jakarta. Kegiatan Profiling ini dibuka oleh Aisah Dewi Setiawati selaku Pejabat Pembuat Komitmen PPDPP. Aisah Dewi menyampaikan bahwa kegiatan profiling calon petugas pemantauan rumah sejahtera FLPP dibagi menjadi dua sesi. Sesi Pertama untuk yang berdomisili  di Jabodetabek dilakukan melalui Tatap Muka dengan jumlah 19 (Sembilan Belas) calon petugas pemantauan rumah sejahtera FLPP dan di Sesi kedua untuk yang berdomisili di luar Jabodetabek Profilling dilakukan melalui Aplikasi Zoom Meeting dengan jumlah 19  (sembilan belas) calon petugas pemantauan.

Kegiatan profiling ini bertujuan untuk pengenalan diri calon petugas pemantauan kepada Divisi SDM PPDPP agar  mekanisme pemantauan menjadi lebih baik dan SDM pemantauan yang handal. Selama masa pandemi covid-19 akan diprediksi sampai Bulan Desember 2020 kegiatan profiling ini petugas pemantauan tidak bisa ke lapangan karena PPDPP membuat mekanisme yang baru dengan menggunakan sistem validasi telepon dikarenakan tidak memungkinkan untuk berinteraksi langsung debitur.

Ujian pertama yang dilakukan untuk Calon Petugas Pemantauan Rumah Sejahtera FLPP yaitu Tes Kompetensi Dasar (TKD-V) yaitu tes yang dilakukan untuk mengukur kemampuan berhitung seseorang yang terdiri dari 20 Soal. Kemudian ujian yang kedua adalah tes DISC (Dominance, Influence, Steadiness, Conscientiousness). Kemudian dilakukan tes wawancara kepada Calon Petugas Pemantauan Rumah Sejahtera FLPP. Hasil wawancara akan digabungkan dengan hasil Psikotest dan selanjutnya akan dijadikan laporan yang berupa rekomendasi yang disampaikan kepada User/Pimpinan agar menjadi bahan pertimbangan dalam melakukan rekrutmen dan/atau seleksi Calon Petugas Pemantauan Rumah Sejahtera FLPP.

Diharapkan kegiatan Profiling Calon Petugas Pemantauan Rumah Sejahtera FLPP ini untuk mengetahui karakter, potensi dan kemampuan dalam menyelesaikan pekerjaan dari calon petugas pemantauan tersebut.