PUPR Gelar Pameran Rumah Subsidi Virtual hingga 31 Agustus 2021

Kondisi Pandemi Covid-19 yang saat ini belum berakhir, memaksa kita untuk mampu tetap berproduktif dan beradaptasi dengan cara dan gaya kerja baru memanfaatkan perkembangan teknologi komunikasi digital yang ada seperti saat ini. Mensikapi kondisi tersebut, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan rakyat (PUPR) menggelar peringatan Hari Perumahan Nasional (Hapernas) tahun 2021 ini secara online sehingga bisa diikuti masyarakat luas dari rumah.

Pameran tahun 2021 ini merupakan kali keduanya digelar oleh Kementerian PUPR melalui Badan Layanan Umum (BLU) Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP), setelah sebelumnya sukses diselenggarakan pada tahun 2020.

Hadir langsung secara virtual, Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono didampingi oleh Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur dan Pekerjaan Umum, Kementerian PUPR, Herry Trisaputa Zuna; Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Khalawi Abdul Hamid dan Direktur Utama PPDPP, Arief Sabaruddin berkesempatan membuka pameran virtual pada hari Jumat 20 Agustus 2021.

Dalam sambutannya Basuki mengajak seluruh stake holder terkait untuk memilihara dan meningkatkan gairah kepercayaan masyarakat terhadap industri perumahan.

“Pertama tugas kita adalah untuk menyediakan rumah yang terjangkau bagi rakyat, kami sebagai pemegang kebijakan di sektor perumahan telah menyediakan berbagai model skema bantuan pembiayaan perumahan diantarnaya adalah skema FLPP yang pada tahun ini telah merealisasikan program-programnya,” Ujar Menteri Basuki.

Pameran Rumah Bersubsidi dengan tema “Geliat Pemenuhan Rumah Masyarakat Berpenghasilan Rendah Dalam Pemulihan Ekonomi” akan diselenggarakan selama 12 hari, mulai tanggal 20 Agustus hingga 31 Agustus 2021 mendatang dengan menghadirkan 400 pengembang perumahan dan 40 bank pelaksana.

Adapun bank yang berpartisipasi antara lain BTN dan BTN Syariah, BNI, BRI, Bank Syariah Indonesia, Bank Mandiri, BRI Agro, Bank Artha Graha, BJB, BPD Sumselbabel, BPD Sumselbabel Syariah, BPD NTB Syariah, BPD Jatim, BPD Jatim Syariah, BPD Sumut, BPD Sumut Syariah, BPD NTT, BPD Kalbar, BPD Kalbar Syariah, BPD Nagari, BPD Nagari Syariah, BPD Aceh Syariah, BPD Riau Kepri, BPD Riau Kepri Syariah, BPD Jambi, BPD Jambi Syariah, BPD DIY, BPD Kalsel, BPD Kalsel Syariah, BPD Sulselbar, BPD Sulselbar Syariah, BPD Jateng, BPD Jateng Syariah, BPD Sulteng, BPD Kaltimtara, BPD Kalteng, BPD Papua, BPD SulutGo, BJB Syariah dan BPD DKI. Masing-masing bank tersebut membawa 10 pengembang perumahan binaannya.

Dengan menggunakan fitur teknologi, para pengunjung dapat menikmati suasana pameran layaknya sedang dalam suasana pameran, dan dapat melakukan interaksi tanya jawab mencari informasi secara langsung dengan para pengembang dan bank pelaksana. Dengan begitu masyarakat dapat berkonsultasi secara langsung dan melakukan proses bisnis dalam pameran, meskipun hanya di rumah saja dan dalam kondisi apapun.

Masyarakat dapat mengunjungi pameran rumah bersubsidi tersebut secara gratis melalui tautan http://www.hapernas2021.com. Di tanggal 25 Agustus 2021, Pameran ini akan menggelar akad kredit massal dengan target 13.000 calon debitur yang tersebar di 34 provinsi. Sedangkan selama pameran berlangsung 12 hari, Kementerian PUPR menargetkan sebanyak 2.021 pengunjung.