5 SOP Direviu Untuk Perkuat Tata Kelola SDM

Rapat pembahasan Reviu SOP Divisi SDM dilaksanakan pada Hari Rabu, 4 Maret 2020, bertempat di Ruang Rapat Bromo Lantai 2, Kantor BLU PPDPP. Rapat ini dipimpin oleh Muhammad Nauval Al-Ammari selaku Kepala Divisi SDM. Rapat tersebut di hadiri oleh Kepala Divisi Hukum, Perwakilan Unit Kerja Direktur Layanan, Unit Kerja Direktur Keuangan, Unit Kerja Direktur Operasi dan SPI di BLU PPDPP.

Reviu yang dilakukan terhadap berbagai SOP di Divisi SDM tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas Manajemen SDM di BLU PPDPP. Dalam pembahasan reviu telah disampaikan hasil identifikasi kebutuhan SOP dan progress penyiapan 4 SOP baru yaitu SOP Penyusunan dan Pengumpulan LKP, SOP Penyusunan dan Pengumpulan SKP, SOP Penyusunan dan Pengumpulan Kontrak Kinerja dan SOP Pelayanan Cuti. Sebelumnya, Divisi SDM sudah memiliki 10 SOP yang ditetapkan di Tahun 2016. Dalam rapat tersebut, sejumlah 5 SOP Divisi SDM Tahun 2016 telah direviu dan di sepakati akan direvisi. SOP-SOP tersebut yaitu: SOP Penerimaan Pegawai, SOP Pengangkatan Pegawai, SOP Pemberhentian Pegawai, SOP Penyusunan Rencana Kerja Harian Pegawai diusulkan dicabut dan diganti dengan baru dan SOP Evaluasi Kinerja Pegawai diusulkan dicabut dan diganti dengan SOP yang baru. Secara keseluruhan jumlah dokumen SOP yang tersedia baik yang sudah ditetapkan maupun yang sudah disusun namun belum ditetapkan berjumlah 18 Dokumen.

Terdapat 5 SOP lainnya di Tahun 2016 yang akan direviu yaitu, SOP Analisis Kebutuhan Pelatihan, SOP Penerapan Sanksi Kode Etik Pegawai yang diusulkan dicabut dan diganti dengan SOP yang baru, SOP Pengajuan Cuti, SOP Updating Data Kepegawaian (SIMKA), SOP Penerbitan Kartu BPJS, selain itu terdapat SOP yang diterbitkan di Tahun 2018 yaitu SOP Penerimaan Pegawai dengan Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT), Rencana revisi SOP bukan hanya di judul namun juga Identifikasi kegiatan dan Pelaksana.

Diharapkan dengan adanya reviu berbagai SOP di Divisi SDM, maka standar dan prosedur kerja di Divisi SDM bisa ditingkatkan menjadi lebih baik, lebih efektif dan efisien dalam implementasi Manajemen SDM yang profesional. Kedepan, Divisi SDM Unit Kerja Direktur Umum dan Hukum BLU PPDPP akan terus meningkatkan kualitas Tata Kelola SDM secara berkesinambungan guna meningkatkan kinerja Pegawai dan Organisasi.