REI Susun Road Map Perumahan Nasional Sebagai Bahan Usulan

Real Estate Indonesia (REI) menargatkan dapat menyelesaikan usulan roadmap (peta jalan) perumahan nasional pada November mendatang dan segera akan disampaikan kepada RI-1. Di dalamnya akan berisi tentang peta permasalahan yang sedang terjadi di dalam program perumahan dan pemukiman.

Menurut Hari Raharta, Sekretaris Jenderal REI, upaya penyusunan roadmap perumahan nasional ini tengah dilakukan oleh kelompok kerja (Pokja) dalam komite ekonomi dan industri nasional. Sejumlah pelaku usaha properti, termasuk pengurus dewan pimpinan pusat REI dan pakar properti turut menjadi anggota dalam pokja tersebut.

Dirjen Pembiayaan Perumahan Kementerian PUPR mengatakan bahwa pemerintah sudah menetapkan arah kebijakan perumahan yang cukup konkret, tapi masih terbuka untuk berbagai masukan dari pengembang dan pelaku bisnis lainnya. Arah kebijakan tersebut sudah termuat dalam rencana pengembangan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015 – 2019.

Di bidang pembiayaan perumahan salah satu sasaran kerja pemerintah adalah memperkuat BUMN-BUMN yang bergerak di bidang perumahan, seperti BTN, Perum Perumnas dan Sarana Multigriya Finansial (SMF). Saat ini pemerintah tengah dalam upaya membentuk perusahaan induk atau holding BUMN perumahan. Selanjutnya akan mendorong dana jangka panjang untuk digunakan di sektor perumahan seperti dana pensiun, dana tabungan PNS, prajurit dan dana haji. “Ärah tersebut ada RPJM,”ujarnya.

Sedangkan Dirjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR mengatakan bahwa arah kebijakan pemerintah ini semata demi merealisasikan rumah dengan harga murah bagi masyarakat. Salah satunya langkah yang diambil saat ini adalah dengan melakukan industrialisasi perumahan dengan penetapan standar baku atau modular bagi perumahan untuk MBR.