SiKasep Makin Kasep

Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) terus  memperbaiki diri untuk lebih baik. Salah satunya melalui peningkatan teknologi informasi yang terus melebarkan sayapnya. Melalui SiKasep, Sistem Informasi KPR Bersubsidi yang telah diluncurkan sejak 19 Desember 2019 lalu, kini semakin bersolek. Fitur update untuk aplikasi ini terus dikembangkan oleh tim TI PPDPP.

Ditemui Senin (6/7) di kantor PPDPP, Kepala Divisi Teknologi Informasi PPDPP, Moch Ihsan menyampaikan bahwa aplikasi SiKasep ini terus menuju kesempurnaan. Setelah akhir Juni lalu telah menambahkan fitur survei pengguna SiKasep yang muncul pada saat debitur mengklik menu “profile saya” maka dalam hitungan 3 detik, form kepuasan pengguna aplikasi ini akan muncul.

Terlihat dari database PPDPP hari ini Selasa (7/7) pukul 09.05 WIB, sebanyak 9.369 hits telah mengisi form ini dan hasilnya, 58,09% menyatakan aplikasi ini sangat baik. Sedangkan untuk aplikasi Sistem Informasi untuk Pengembang alias SiKumbang dari 842 hits sebanyak 54,51% menyatakan aplikasi SiKumbang ini baik.

Selain pengembangan fitur itu, dalam waktu bersamaan, PPDPP juga mencoba untuk memberikan kesempatan dan waktu kepada masyarakat berpenghasil rendah (MBR) yang belum memiliki NPWP untuk bisa mengakses aplikasi SiKasep pada saat pendaftaran pertama dengan mengosongkan no. NPWP untuk sementara waktu. “Hal ini memberikan kesempatan kepada MBR untuk mendaftar dulu dan memiliki waktu untuk mengurusya kemudian. Namun nanti ketika  masuk dalam tahap “ajukan proses verifikasi” tetap akan dimintakan NPWP karena ini sesuai dengan aturan yang ada,” ujar Moch. Ihsan menjelaskan.

Selain, fitur di atas, SiKasep memang semakin kasep. Bagi pengguna aplikasi SiKasep yang sering lupa akan passwordnya sekarang ini, aplikasi ini sudah menyediakannya. “Debitur dapat mengklik link “lupa password” pada menu login. Dengan memasukkan Nama, No KTP. No NPWP dan No Telepon. Apabila ke -4 parameter tersebut sesuai, akan keluar password tersebut. “Debitur akan diberi kesempatan sebanyak 2 kali percobaan pada hari yang sama,” papar Moch Ihsan.

Aplikasi SiKasep memang semakin diminati. Hal ini terlihat dari jumlah yang mengakses aplikasi ini meningkat dari hari ke hari. Dari database PPDPP, tercatat per hari ini Selasa (7/7) pukul 9.33 WIB sebanyak  184. 857 calon debitur sudah mengakses aplikasi ini, 74.208 telah dinyatakan lolos subsidi checking, 9.558 calon debitur sudah masuk dalam proses verifikasi bank pelaksana, 868 calon debitur sudah masuk dalam tahap pengajuan dana FLPP dan sebanyak 76.336 debitur sudah menerima dana FLPP.

Aplikasi SiKasep selain mencatat semua permintaan terhadap FLPP, SiKasep juga mendata subsidi perumahan lainnya yaitu SSB (Selisih Suku Bunga) dan BP2BT (Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Tabungan). Untuk SSB saat ini tercata Selasa (7/7) pukul 09.36 WIB sebanyak 6.048 calon edbitur sudah berada pada tahap proses verifikasi bank pelaksana dan 3.414 sudah masuk dalam pengajuan dana. Sedangkan untuk BP2BT masih 2 calon debitur yang berada dalam proses verifikasi bank.